Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 6 No 1 (2021): Ed-Humanistics Vol 6 No 1 Tahun 2021

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV MI HASYIM ASY’ARI

Evi Rizqi Salamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Pembelajaran saat ini dilakukan secara daring. Suasana belajar yang menyenangkan dan implementasi model pembelajaran sangat diperlukan demi tercapainya tujuan pembelajaran yang dicapai. Agar dalam proses belajar dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan siswa dapat berperan aktif, oleh karena itu peneliti melaksanakan penelitian dengan judul Efektivitas Model Cooperatife Learning Tipe Scramble Pada Materi Gaya dan Gerak Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Model Scramble diterapkan pada materi Gaya dan Gerak siswa kelas IV MI Hasyim Asy’ari Surabaya. Pengetahuan wawasan dapat dilihat dari hasil lembar kerja dan angket yang diberikan kepada siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan hasil bahwa, siswa kelas IV lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran sistem daring. Siswa lebih memperhatikan penjelasan guru, aktif bertanya, menanggapi apa yang dijelaskan oleh guru, mengerjakan perintah yang diberikan dan lebih disiplin dalam belajar. Pemahaman siswa dalam mempelajari materi Gaya dan Gerak dengan menerapkan model Scramble dapat dilihat dari hasil LKS yang memuaskan yaitu di atas rata-rata. Kata kunci: Model Scramble, Materi Gaya dan Gerak, Sekolah Dasar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ed-humanistics

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan ...