Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan menurut Newman pada pemecahan masalah matematika siswa.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes yang diberikan untuk mengetahui kesalahan siswa berbentuk uraian,sedangkan wawancara dilakukan kepada siswa, dan dokumentasi diperoleh pada saat wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan pada pemecahan masalah matematika siswa kelompok tinggi yaitu kesalahan mentranformasikan. Sedangkan siswa kelompok sedang yaitu kesalahan mentranformasikandan kesalahan dalam keterampilan proses. Untuk siswa kelompok rendah yaitu kesalahan dalam memahami soal, kesalahan mentranformasikan, kesalahan dalam keterampilan prosesdan kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir. Penyebab kesalahan dalam pemecahan masalah berbentuk cerita adalah tidak memahami soal dengan seksama, tidak menuliskan rumus, tidak mengetahui cara mengoperasikan soal dan tidak mengecek kembali jawaban yang sudah dikerjakan.
Copyrights © 2021