Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education
Vol 3, No 1 (2021)

Analisis kesalahan Newman pada pemecahan masalah Siswa kelas VII SMP N 15 Yogyakarta

Happy Oktaviani (Universitas PGRI Yogyakarta)
Kintoko Kintoko (Universitas PGRI Yogyakarta)
Siti Suprihatiningsih (STKIP Pamane Talino)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan menurut Newman pada pemecahan masalah matematika siswa.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes yang diberikan untuk mengetahui kesalahan siswa berbentuk uraian,sedangkan wawancara dilakukan kepada siswa, dan dokumentasi diperoleh pada saat wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan pada pemecahan masalah matematika siswa kelompok tinggi yaitu kesalahan mentranformasikan. Sedangkan siswa kelompok sedang yaitu kesalahan mentranformasikandan kesalahan dalam keterampilan proses. Untuk siswa kelompok rendah yaitu kesalahan dalam memahami soal, kesalahan mentranformasikan, kesalahan dalam keterampilan prosesdan kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir. Penyebab kesalahan dalam pemecahan masalah berbentuk cerita adalah tidak memahami soal dengan seksama, tidak menuliskan rumus, tidak mengetahui cara mengoperasikan soal dan tidak mengecek kembali jawaban yang sudah dikerjakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

The focus and scope of the Journal Riemann cover the following topics: 1. Mathematics Teaching 2. Mathematical Applications 3. Mathematical Computerization 4. Model of Mathematics ...