Penguasaan konsep merupakan faktor penting dalam pembelajaran. Cahaya dan alat optik merupakan salah satu konsep IPA yang sering dijumpai dalam penerapan kehidupan sehari-hari dan dikenal sejak awal perkembangan siswa tetapi penguasaan konsep siswa masih rendah [1], [2]. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep siswa SMP pada materi cahaya dan alat optik. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Jumlah sampel yaitu 136 siswa SMP kelas IX yang terdiri dari 30 siswa kelas unggulan dan 106 siswa kelas reguler. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Soal telah divalidasi dan telah diuji reliabilitasnya dalam kategori sedang (Cronbach’s Alpha: 0,60). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Penguasaan konsep siswa materi cahaya dan alat optik diperoleh nilai rerata sebesar 63,26 menunjukkan kategori baik. Hasil analisis nilai rerata penguasaan konsep siswa pada kelas unggulan sebesar 76,83 termasuk kategori baik dan kelas reguler 59,43 termasuk kategori cukup. Hasil analisis menunjukan bahwa masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai konsep cahaya dan alat optik. Pendidik dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk mengembangkan penelitian berikutnya dengan memberikan perlakuan atau remidiasi, sehingga dapat mengantisipasi dan memperbaiki kesalahan konsep atau kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa.
Copyrights © 2021