Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 5, No 2 (2020): November

Pengembangan Perangkat Discovery Learning Berbantuan Edmodo dengan Web Enhanced Course untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Silvia Yolandasari (Universitas Negeri Malang)
Endang Purwaningsih (Universitas Negeri Malang)
Purbo Suwasono (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2020

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan, kepraktisan, dan efetivitas produk yang dikembangkan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah RnD dengan menggunakan model Brog and Gall yang telah dikembangkan oleh Sukmadinata menjadi tiga tahapan yakni kajian awal, pengembangan produk, dan uji coba. Berdasarkan hasil validasi diketahui bahwa hasil rata-rata untuk LKPD adalah 3,6 dan hasil nilai rata-rata untuk RPP adalah 3,7. Hasil nilai keterlaksanaan pembelajaran adalah 90% dan hasil respon peserta didik terhadap pembelajaran adalah 3,2. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik juga mengalami peningkatan sebesar 0,5 dengan kategori peningkatan sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...