JURNAL KEISLAMAN TERATEKS
Vol 6 No 1 (2021): APRIL

UPAYA KONSELOR DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN BELAJAR SISWA DI MTS AL-AMIEN 1 PRENDUAN (Kajian Kualitatif Deskriptif pada Sekolah yang Menerapkan Full Day School)

RINDIANI & SYAIFATUL JANNAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui upaya konselor dalam meningkatkan ketahanan belajar siswa di MTs Al-Amien 1 Prenduan yang menerapkan full day school, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh konselor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, dan wawancara, kemudian dilanjutkan dengan teknik analisa data melalui tiga tahapan yaitu reduksi, display, dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik Triangulasi. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 3 upaya konselor dalam meningkatkan ketahanan belajar siswa di MTs Al-Amien 1 Prenduan, yakni melalui 1) konseling Individual, 2) konseling kelompok, 3) bimbingan sambil belajar. Selanjutnya hasil penelitian juga menunjukkan bahwa memiliki ketahanan belajar dalam program full day school bagi siswa itu sangat penting karena dengan ketahanan belajar, siswa akan lebih siap untuk menerima pelajaran di sekolah sesuai apa yang dilakukan dari upaya konselor dalam meningkatkan ketahanan belajar dengan sentuhan motivasi yakni bimbingan sambil belajar oleh ibu Aminatus Sa’diyah seorang guru BK di MTs Al-Amien 1 Prenduan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

terateks

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Islam Terateks yang berfokus pada Ilmu keislaman berisi kajian-kajian keislaman yang meliputi pendidikan Islam, syariah, pemikiran Islam, ekonomi, dan kajian Islam lainnya. Sebagai tempat perantara dalam penulisan karya ilmiah dari peneliti, akademisi, praktisi, mahasiswa, dan dosen. Sebagai ...