Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur
Vol. 5 No. 9 (2008): JURNAL TEKNIK SIPIL DAN ARSITEKTUR

SISTEM SHARE PRODUCTION SEBAGAI ALTERNATIF PEMASARAN JASA KONSTRUKSI DI ERA GLOBAL

GATOT NURSETYO (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2008

Abstract

Pembangunan jasa konstruksi nasional ke depan, memerlukan tanggung jawab profesionaldari para pelakunya, terutama dalam upaya meningkatkan daya saing. Selain itu, parapelakujasa konstruksi nasional juga harus lebih efisien dalam upaya meningkatkan daya saing dengan dunia Internasional. Karena efisiensi merupakan salah satu kata kunci dalam menghadapi tantangan ke depan. Dalam Hal ini, khususnya tantangan di pasar dalam negeri, seperti peningkatan volume pekerjaan konstruksi yang signifikan. Aspek penting dalam membangun sektor konstruksi di Indonesia yaitu: dengan memperkuat pasar konstruksi dan meningkatkan prqfesionalisme industri konstruksi, agar dapat bersaing di pasar jasa konstruksi domestik dan internasional. Sedangkan iklim yang kondusifjuga harus di\vujudkan, guna menciptakan kompetisi yang sehat. Daya saing akan semakin meningkat, dengan terselenggaranya kompetisi yang sehat. Tulisan ini menelaah sisi pemasaran jasa konstruksi menggunakan system kerja sama produksi (share production) yang merupakan salah satu terobosan dalam strategi dan taktik pemasaran jasa konstruksi. Urgensi pemanfaatan outsourcing perlu dipertimbangkan dalam kerangka untuk memperkuat diri dari sisi efisiensi biaya, kecepatan gerak, dan pemanfaatan sumber daya organisasi proyek. Sedangkan prospek ke depan dan benchmarking merupakan dua Hal penting yang tidak boleh dilewatkan dalam pemasaran jasa konstruksi.  

Copyrights © 2008