Uniqbu Journal of Exact Sciences
Vol. 1 No. 3 (2020): Uniqbu Journal of Exact Sciences (UJES)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CILS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA : (The Effect of Children Learning In Science Learning Models on The Physics Concepts Understanding)

Muh. Syihab Ikbal (Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar)
Jusman Jusman (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar)
Tri Kurnia Badu (Universitas Iqra Buru)
Imam Permana (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar)
Mukti Ali (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran children learning in science (CLIS) terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching only post test group design. Populasi penelitian berjumlah 136 peserta didik yang tersebar ke dalam 4 kelas. Sampel penelitian berjumlah 36 peserta didik yang terbagi ke dalam 2 kelas dan dipilih dengan teknik random kelas yang dipadu dengan teknik pemadanan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep fisik peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran CLIS lebih besar dari rata-rata pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, yaitu 78,93 > 70,64. Hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 3.938 > 1,990, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CLIS memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pemahaman konsep peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2020