Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 17, No 2 (2020)

SURVEI EFIKASI DIRI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Yolandaru Septiana (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Abstrak: Pembelajaran jarak jauh di era pandemi Covid-19 memberikan  kesempatan untuk belajar mandiri dan hasil belajar mahasiswa tetap meningkat. Hasil belajar dapat ditingkatkan salah satunya melalui peningkatan efikasi diri. Studi ini bertujuan untuk mengetahui efikasi diri mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi pada masa pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Responden penelitian ini adalah 134 mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi angkatan 2017-2019. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling technique. Instrumen yang digunakan adalah angket yang dikembangkan oleh S Schmitz (2013), terdiri dari 4 komponen yaitu kinerja akademik, pengembangan pengetahuan dan keterampilan, interaksi sosial dengan fakultas, dan mengatasi stres akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi pada masa pembelajaran jarak jauh adalah baik.Abstract: Distance learning in the Covid-19 pandemic era provides opportunities for independent study and increase learning outcomes. One of the learning outcomes can be improved by increasing self-efficacy. This study aims to determine the self-efficacy of Accounting Education Study Program students during distance learning. This research is survey research. The respondents of this study were 134 students of the Accounting Education Study Program class of 2017-2019. The sampling technique for this research was a proportionate stratified random sampling technique. The instrument used was a questionnaire developed by S Schmitz (2013), consists of 4 components, namely academic performance, development of knowledge and skills, social interaction with faculty, and coping with academic stress. The results of this study indicate that the self-efficacy of the Accounting Education Study Program students during distance learning is good.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau ...