Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 18, No 1 (2021)

STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Monica Febriana Suwandi (Satya Wacana Christian University)
Carolina Lita Permatasari (Satya Wacana Christian University)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan nilai-nilai strategis, menganalisis lingkungan strategis yang mempengaruhi, dan merumuskan strategi yang dapat berfungsi secara efektif dan efisien dalam peningkatan kompetensi guru. Fokus penelitian ini mengenai strategi peningkatan kompetensi guru, sehingga menggunakan analisis SWOT sebagai instrumen utama dalam mengukur lingkungan untuk memperoleh strategi yang diperlukan dalam proses penyusunan perencanaan peningkatan kompetensi guru. Informan yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kepala sekolah, guru, siswa, pihak Dinas Pendidikan, yayasan, orang tua siswa, dan stakeholder terkait. Penentuan informan tersebut menggunakan teknik snowballing. Proses analisis yang dilakukan dengan identifikasi lingkungan internal dan eksternal untuk menilai kelemahan, kekuatan, peluang, dan ancaman dalam peningkatan kompetensi guru. Kemudian menganalisis strategi berdasarkan data-data yang ditemukan, baik mengenai kelemahan, kekuatan, peluang, maupun ancaman yang dimiliki ke dalam analisis SWOT, sehingga menghasilkan strategi SO, WO, ST, dan WT. Langkah selanjutnya yaitu mengidentifikasi isu-isu strategis berdasarkan hasil dari analisis SWOT dengan menggukanan tes litmus untuk menentukan alternatif-alternatif strategi, sehingga diperoleh penetapan strategi peningkatan kompetensi guru sebagai usaha intensifikasi pelaksanaan program pengembangan kompetensi guru. Abstract: This study aims to identify strategic values, analyze the influencing strategic environment, and formulate strategies that can effectively and efficiently increase teacher competence. This research focuses on strategies for improving teacher competence. It uses SWOT analysis to measure the environment to obtain the system needed in planning teacher competency improvement. The informants used in data collection were school principals, teachers, students, the Education Department, foundations, parents of students, and related stakeholders. Determination of the informants using snowballing techniques. The analysis process is carried out by identifying the internal and external environment to assess weaknesses, strengths, opportunities, and threats in increasing teacher competence. Then analyze the strategy based on the data found, both regarding the flaws, strengths, opportunities, and threats that are owned into the SWOT analysis, to produce SO, WO, ST, and WT strategies. The next step is to identify strategic issues based on the SWOT analysis results by using a litmus test to determine strategic alternatives to obtain a method for improving teacher competence to intensify the implementation of teacher competency development programs.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau ...