Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 3 (2020)

Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik

M Rusli Baharuddin (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Matematika merupakan materi yang dianggap sulit oleh siswa dalam pembelajaran matematika sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep khususnya pecahan. Beberapa siswa hanya melihat pecahan sebagai simbol yang perlu dimanipulasi dengan berbagai cara. Faktor utama yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami konsep pecahan adalah siswa lebih sering menghafal daripada membangun pemahaman konsep. Faktor lainnya adalah pendekatan yang digunakan guru tidak berorientasi pada dunia nyata dimana situasi tersebut dapat dibayangkan oleh siswa. Pendekatan alternatif yang dapat digunakan sebagai solusi adalah pendekatan pemebelajaran matematika realistik. Penelitian ini mencoba menguji pemahaman konsep pecahan siswa melalui pendekatan pemebelajaran matematika realistik dengan studi lieteratur. Melalui pendekatan pemebelajaran matematika realistik, siswa mendapat kesempatan untuk mengembangkan pengetahuannya dengan mengungkapkan gagasannya selama proses pembelajaran. Siswa juga mampu membayangkan berbagai situasi yang terjadi dalam suatu masalah matematika karena masalah tersebut berada dalam situasi nyata masalah yang berkaitan dengan kehidupan siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...