Jurnal Ilmiah Vastuwidya
Vol 4, No 2 (2021)

PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI BONSAI MELALUI DIGITAL MARKETING DAN INDUSTRY RETHINKING BERBASIS WEB DI MASA PANDEMI

I G. Suputra Widharma (Politeknik Negeri Bali)
I N. Sunaya (Politeknik Negeri Bali)
I G. N. Sangka (Politeknik Negeri Bali)
A. A. M. Dewi Anggreni (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2021

Abstract

Pandemi COVID-19 telah menghambat perekonomian masyarakat. Berbagai kebijakan untuk mengurangi dan menghentikan pandemi ini dilakukan oleh pemerintah, diantaranya social distancing, physical distancing, dan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM). Kebijakan ini bermanfaat untuk ketahanan kesehatan masyarakat, namun mempunyai dampak secara ekonomi yang signifikan bagi dunia usaha. Pemerintah melakukan berbagai upaya penyelamatan UMKM dari dampak pendemi. UMKM terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan krisis ekonomi. Perkembangan IT dalam globalisasi sangat berpengaruh pada roda ekonomi. Sistem informasi memberikan nilai lebih bagi pemasaran produk UMKM.  Digital marketing dan less contact economy menjadi solusi terbaik bagi UMKM dan pencegahan covid-19. Beberapa langkah untuk mempertahankan eksistensi UMKM, yaitu melalui industri rethinking, merancang strategi sosial media serta mengembangkan manajemen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

vastuwidya

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Control & Systems Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Vastuwidya Scopes: Logistics and Supply Chain Management, Product Design dan Eco Product, Production System, Productivity Industrial System, Quality Management, Quality Engineering, Lean Manufacturing, Ergonomics, Human Factors Engineering, Performance Measurement Systems, Decision ...