Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan studi korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Sukaasih I Kec.Pasar Kemis Tangerang. Penentuan sampel penelitian dilakukan secara random sampling dari kelas V sejumlah 30 orang siswa. Informasi dan data-data dari hasil penelitian dikumpulkan, dan selanjutnya dianalisa sesuai dengan permasalahan yang hendak dibahas. Dari hasil penelitian ini terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kinerja guru dengan disiplin belajar, baik secara sendiriĀ maupun secara bersama-sama. Terdapat hubungan yang positif antara kinerja guru dengan disiplin belajar siswa ditunjukkan oleh koefisien korelasi serta kontribusinya. Melalui kontribusinya kinerja guru 80%, maka dapat dikatakan bahwa disiplin belajar perlu dipertahankan atau ditingkatkan lagi sesuai besaran kontribusi yang diberikan dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain perlu ditingkatkan melalui penguasaan materi. Menvusun dan menyajikan materi secara sistematis, menggunakan metode mengajar yang bervariasi, ketepatan dalam memilih metode mengajar. Dengan demikian diharapkan kinerja guru dapat meningkat dan akan berdampak pada disiplin belajar siswa.
Copyrights © 2012