TULIP (TULISAN ILMIAH PENDIDIKAN )
Vol. 1 No. 2 (2012): TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan): Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan B

HUBUNGAN ANTARA KINERJA GURU DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUKAASIH I KEC.PASARKEMIS KABUPATEN TANGERANG

Agus Muhari (Mahasiswa, STKIP Banten)
Firdaus Ahmadi (Dosen, STKIP Banten)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2012

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan studi korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Sukaasih I Kec.Pasar Kemis Tangerang. Penentuan sampel penelitian dilakukan secara random sampling dari kelas V sejumlah 30 orang siswa. Informasi dan data-data dari hasil penelitian dikumpulkan, dan selanjutnya dianalisa sesuai dengan permasalahan yang hendak dibahas. Dari hasil penelitian ini terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kinerja guru dengan disiplin belajar, baik secara sendiriĀ­ maupun secara bersama-sama. Terdapat hubungan yang positif antara kinerja guru dengan disiplin belajar siswa ditunjukkan oleh koefisien korelasi serta kontribusinya. Melalui kontribusinya kinerja guru 80%, maka dapat dikatakan bahwa disiplin belajar perlu dipertahankan atau ditingkatkan lagi sesuai besaran kontribusi yang diberikan dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain perlu ditingkatkan melalui penguasaan materi. Menvusun dan menyajikan materi secara sistematis, menggunakan metode mengajar yang bervariasi, ketepatan dalam memilih metode mengajar. Dengan demikian diharapkan kinerja guru dapat meningkat dan akan berdampak pada disiplin belajar siswa.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

tulip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan): Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten adalah wadah Informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah yang terkait dengan Pendidikan, Frekuensi terbit dua kali setahun. Artikel Jurnal TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan) ...