cover
Contact Name
Firdaus
Contact Email
daus.ahmadi@gmail.com
Phone
+62217327646
Journal Mail Official
daus.ahmadi@gmail.com
Editorial Address
STKIP BANTEN Alamat : Jalan Ciruas - Walantaka KM 1, Citerep, Kiara, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42183 Phone: (0254) 283694 dan Taman Surya Buana B11 Cipadu, Tangerang, Banten Phone: 021- 732 7646, Fax: 021- 732 7646
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
TULIP (TULISAN ILMIAH PENDIDIKAN )
ISSN : 23386126     EISSN : 28074114     DOI : 10.54438
Core Subject : Education,
Jurnal TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan): Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten adalah wadah Informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah yang terkait dengan Pendidikan, Frekuensi terbit dua kali setahun. Artikel Jurnal TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan) dalam versi cetak telah di-online-kan menggunakan Open Jurnal System (OJS).
Articles 85 Documents
PENGARUH TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI SDN BOJONG 01 KEC. TENJO KAB. BOGOR Cacih Apriliani; Ahmad Yanuar Syauki
TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2012): TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan): Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan B
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bojong 01 Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor pada bulan Juli sampai dengan September semester ganjil tahun 2012. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis studi korelasi. Besar sampel sebanyak 48 siswa diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak atau random sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa butir pernyataan skala perilaku yang dibuat sendiri oleh peneliti untuk mendapatkan data variabel X sedangkan variabel Y berupa nilai rapor siswa yang menjadi sampel.Uji persyaratan analisis data untuk kedua variabel digunakan uji normalitis dengan uji Square dan Linieritas dengan Anova. Dari hasil pengujian normalitas variabel X dan Y disimpulkan bahwa kedua data variabel tersebut berdistribusi normal dan dari pengujian Linieritas disimpulkan data termasuk model Regresi Linier. Analisis data menggunakan rumus product moment menunjukan bahwa hipotesis diterima. Uji keberartian korelasi menggunakan uji t, dengan kesimpulan bahwa korelasi kedua variabel adalah berarti. Selain itu berdasarkan hasil penelitian juga terbukti bahwa terdapat hubungan antara tata tertib sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara varibael X dan Y dengan kontribusi sebesar 56,55 %, bahwa variabel X mempengaruhi variabel Y dan sisanya 43,45% dipengaruhi oleh faktor lain.
PENGARUH KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM BIDANG PENDIDIKAN PKn DI SD NEGERI SINDANGPANON I DESA SINDANG PANON KECAMATAN SINDANG JAYA KABUPATEN TANGERANG Adi Supriadi; Firdaus Ahmadi
TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2012): TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan): Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan B
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimanakah Pengaruh Kebijakan Pemerintah dalam Bidang Pendidikan PKn di SD Negeri Sindang Panon I Desa Sindang Panon Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang. Variabel yang diteliti adalah Variabel bebas (x) yaitu Kebijakan Pemerintah, dan variabel terikat (Y) yaitu Pendidikan PKn di SD Negeri Sindang Panon I Desa Sindang Panon Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Angket, Study Dokumentasi, Study lapangan yaitu wawancara pada pihak yang terkait yang disesuaikan dengan judul penelitian ini. Dengan hasil penelitian setelah dilakukan uji validitas dan realibilitas terdapat 38 (76%) butir yang layak pada variabel Kebijakan Pemerintah dan variabel Pendidikan PKn yaitu 33 (83%), dan ternyata terdapat hubungan antara Kebijakan Pemerintah dengan Pendidikan PKn di SD Negeri Sindang Panon I Desa Sindang Panon Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang, X2 hit > X2 tab yaitu 5,15 > dari pada 3,84. Dengan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa; terdapat hubungan dengan signifikan dan erat antara Kebijakan Pemerintah dengan pendidikan PPKN pada SD Negeri Sindang Panon I Desa Sindang Panon Kecamatan Sindang Jaya Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA KELAS X DI SMK ARIYA META KECAMATAN NEGLASARI KABUPATEN TANGERANG Dorti Siagian; Lulu Tunjung Biru
TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2012): TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan): Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan B
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dari perolehan data yang diambil berdasarkan hasil evaluasi tertulis, hasil observasi dan pengamatan tingkah laku siswa, maka peneliti dapat menafsirkan data secara keseluruhan dengan menggunakan model pembelajarna berbasis portofolio dapat mengalami peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn.Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang telah di laksanakan pada bulan Oktober 2012 dapat di tarik kesimpulan bahwa upaya untuk peningkatan hasil belajar PKn, melalui Model Pembelajaran berbasis portofolio di SMK Ariya Meta sangat berpengaruh dalam upaya peningkatan hasil belajar PKn. Melalui model pembelajaran berbasis portofolio siswa di tuntut aktif membaca sehingga mampu untuk mengeluarkan pendapat, berinteraksi dengan lingkungan peka terhadap masalah – masalah yang terjadi di lingkungan. Aktif mencari informasi dan mampu untuk merencanakan suatu tindakan dalam memecahkan masalah sesuai dengan pokok bahasan sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn.
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 1 SOLEAR KAB. TANGERANG Ida Farida; S. Rosdiana Emi Yulia
TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2012): TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan): Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan B
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi adalah dorongan atau kekuatan dari dalam diri seseorang yang aktif mendorong orang untuk bertingkah laku atau berbuat sesuatu untuk mencapai suatu tujuan tertentu, sedangkan prestasi adalah hasil dari usaha seseorang, baik prestasi tersebut memuaskan atau tidak. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Metode ini bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang tengah berlangsung pada saat penelitian dilakukan dan mencari sebab-sebab dari suatu gejala. Berdasarkan hitungan korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi antara hasil penilaian angket motivasi belajar siswa dan prestasi mata pelajaran PKn pada SMP NEGERI 1 SOLEAR KAB. TANGERANG sebesar rxy = 0,66 terletak pada rentangan 0,40 – 0,70 yang menunjukkan korelasi positif yang sedang atau cukupan. Dengan memeriksa tabel nilai “r” product moment ternyata bahwa dengan df sebesar 47, pada taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0,288; sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh rtabel = 0,372. Karena rxy atau ro pada taraf signifikansi 5% dan 1% lebih besar daripada rtabel atau rt, maka Hipotesa Nol ditolak, sedangkan Hipotesa Alternatif disetujui/diterima, Motivasi belajar siswa di SMP NEGERI 1 SOLEAR KAB. TANGERANG mempunyai kontribusi sebesar 56,44% terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PKn. Adapun 43,56% prestasi belajar mereka dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya, seperti lingkungan, perhatian orang tua, dll. Tapi dalam penelitian ini motivasilah yang cukup dominan pengaruhnya.
PENGARUH KOMUNIKASI INTERN KEPALA SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU DAN KARYAWAN SDN PANUNGGANGAN III TANGERANG Mohamad Hasan; Kusnadi
TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2012): TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan): Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan B
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunikasi merupakan sarana yang diperlukan untuk mengkoordinasikan dan mengarahkan kegiatan bawahan ketujuan dan sasaran organisasi. Selain itu komunikasi juga sebagai sarana untuk menyatukan arah dan pandangan serta pikiran antara pimpinan dan bawahan. Dengan adanya komunikasi bawahan dapat memperoleh informasi dan petunjuk yang jelas sehingga tidak menimbulkan keragu-raguan dan kesalahpahaman yang pada akhirnya akan mempengaruhi efektivitas kerja pegawai. Hal ini juga terjadi dilingkungan SDN Panunggangan III Tangerang, di mana komunikasi intern kepala sekolah berpengaruh terhadap efektivitas kerja guru dan pegawai. Populasi dan sampelnya dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan karyawan SDN Panunggangan IV Tangerang Banten yang berjumlah 10 orang. Adapun tehnik pengumpulan data yaitu : Observasi, wawancara, dokumentasi.Hasil penelitian didapat R hitung atau Rxy = 0,952 dan menunjukan index reabilitas antara 0,89 – 1,00 ini menunjukan ada validitas tinggi, secara reabilitas intrumen komunikasi kepala sekolah terhadap kinerja guru dan pegawai sebesar 0,998, pada uji hipotesis yaitu uji t kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru dan pegawai t hitung sebesar 22,719. Secara uji hipotesis dengan koofesien determinan ada pengaruh antara komunikasi intern dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru dan pegawai sebesar 90,63%.
THE IMPLEMENTATION USING VOCABULARY TO READING SKILLS AT THE ELEVENTH GRADE STUDENTS’ OF SMK AL-FARABI CILEUNGSI-BOGOR Jumyati; Herman
TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2012): TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan): Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan B
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was taken at SMK AL-Farabi Cileungsi Bogor used classroom action research and the instrument for collecting data used observation and written test. For the written test, the writers give before implement the research and after research.. From the result of analyzing the data, obtain that the teaching using vocabulary has better for students to reading skills. The percentage result from pre-test obtain “less” (21.95%), “enough” (65.85%), and “good” (12.20%). And percentage result for post-test is “less” (0%), “enough” (9.76%), “good” (63.41%), and “excellent” (26.83%). This research explains that students at eleventh grade of SMK AL-Farabi Cileungsi Bogor, has comprehend vocabulary in the word meaning and sentence in the reading. There for, the writer hopes to teachers can introduce vocabulary deeper especially in the sentence on reading. The writers hope the students are more active in learning English Language.
HUBUNGAN PEMAHAMAN SILA PERTAMA PANCASILA DENGAN TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS VII DI SMP GARUDA TEKNOLOGI PANTURA KECAMATAN PAKUHAJI KABUPATEN TANGERANG Rogaya; Ahmad Yanuar Syauki
TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan) Vol. 1 No. 2 (2012): TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan): Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan B
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil penelitian Hubungan Pemahaman Sila Pertama Pancasila dengan Toleransi Beragama Siswa Kelas VII SMP Garuda Teknologi Pantura Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang yaitu : Bahwa terdapat korelasi variabel Hubungan Pemahaman Sila Pertama Pancasila dengan Toleransi Beragama Siswa Kelas VII SMP Garuda Teknologi Pantura Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang dengan hasil perhitungan nilai rentang korelasi sebesar 0.968, artinya terdapat hubungan yang positif dan cukup antara variabel x dan y. Besarnya tingkat konstribusi Hubungan Pemahaman Sila Pertama Pancasila dengan Toleransi Beragama Siswa Kelas VII SMP Garuda Teknologi Pantura Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang dengan hasil perhitungan Koefisien Determinasi adalah sebesar 93,70 %.
HUBUNGAN ANTARA KINERJA GURU DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUKAASIH I KEC.PASARKEMIS KABUPATEN TANGERANG Agus Muhari; Firdaus Ahmadi
TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan) Vol. 1 No. 2 (2012): TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan): Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan B
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan studi korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Sukaasih I Kec.Pasar Kemis Tangerang. Penentuan sampel penelitian dilakukan secara random sampling dari kelas V sejumlah 30 orang siswa. Informasi dan data-data dari hasil penelitian dikumpulkan, dan selanjutnya dianalisa sesuai dengan permasalahan yang hendak dibahas. Dari hasil penelitian ini terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kinerja guru dengan disiplin belajar, baik secara sendiri­ maupun secara bersama-sama. Terdapat hubungan yang positif antara kinerja guru dengan disiplin belajar siswa ditunjukkan oleh koefisien korelasi serta kontribusinya. Melalui kontribusinya kinerja guru 80%, maka dapat dikatakan bahwa disiplin belajar perlu dipertahankan atau ditingkatkan lagi sesuai besaran kontribusi yang diberikan dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain perlu ditingkatkan melalui penguasaan materi. Menvusun dan menyajikan materi secara sistematis, menggunakan metode mengajar yang bervariasi, ketepatan dalam memilih metode mengajar. Dengan demikian diharapkan kinerja guru dapat meningkat dan akan berdampak pada disiplin belajar siswa.
PERANAN ORANG TUA TERHADAP PEMBINAAN EMOSI SISWA SDN KUTA BUMI I KELAS V KECAMATAN PASAR KEMIS KABUPATEN TANGERANG BANTEN Dede Kurniasih; Farida Daulay
TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan) Vol. 1 No. 2 (2012): TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan): Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan B
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan kesimpulan tentang ada tidaknya perbedaan Tingkat Emosi Siswa antara orangtuanya yang melakukan pembinaan dengan Siswa orangtuanya yang tidak melakukan pembinaan. Sampel yang diambil sebanyak 58 Siswa kelas V SDN Kuta Bumi 1 Pasar Kemis Tangerang dengan penentuan sampel berdasarkan tehnik adalah Random Sampling, dimana untuk menyaring data Variabel Motivasi Belajar siswa dengan menggunakan Quessioner dengan Skala Likert tertutup menggunakan lima (5) alternatif Jawaban. Uji normalitas dari Tingkat emosi siswa dalam kelompok pembinaan orang tua positif dikategorikan baik yaitu dengan taraf signifikan sebesar 0,05 dan N = 29 didapat L hitung sebesar -0,0326 dan L tabel sebesar 0,161 (-0,0326 < 0,161) ini berarti Tingkat Emosi Siswa dari kelompok yang pembinaan orang tuanya positif berdistribusi normal, dan untuk kelompok Tingkat Emosi siswa dengan pembinaan orang tua kurang diperoleh L hitung sebesar -0,0246 dan L tabel sebesar 0,161 (-0,0246 < 0,161) ini berarti Tingkat emosi Siswa dari kelompok yang pembinaan orang tuanya kurang berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan pengujian dengan melakukan Uji Homogenitas terhadap kedua kelompok sampel dengan menggunakan F hitung diperoleh angka sebesar 1,35 dan F tabel sebesar 4,20 dengan taraf signifikansi 0,05 disimpulkan bahwa kedua sample berasal dari Populasi yang Homogen. Tehnik analisa data dengan menggunaan Analisis Varian (ANAVA) satu jalur. Hasil bahwa F-hitung sebesar 17,06 dimana F-tabel sebesar 4,00. Jadi berdasarkan Analisis Varian tersebut bahwa F hitung > F tabel , jadi terdapat Pengaruh Peranan Orang Tua terhadap Pembinaan Emosi SDN Kuta Bumi 1 kelas V SDN Kuta Bumi 1 Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang Propinsi Banten.
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn MELALUI METODE TANYA JAWAB SISWA DI MI. JAM’IYATUL MUTA’ALLIMIN TELUKNAGA - TANGERANG Huldiah; Eva Zhoriva
TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan) Vol. 1 No. 2 (2012): TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan): Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan B
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui tingkat Motivasi Belajar Siswa MI. Jam’iyatul Muta’allimin Teluknaga-Tangerang dalam pembelajaran PKn melalui Metode Tanya jawab. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Sample dalam penelitian ini berjumlah 28 orang yang diambil secara random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada MI. Jam’iyatul Muta’allimin. Sedangkan waktu penelitian dilaksanakan selama 4 (empat) bulan yang dimulai Februari 2012 sampai dengan Mei 2012. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dengan menggunakan metode Tanya jawab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari jawaban-jawaban responden berdasarkan indicator persepsi yang meliputi: kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran, perhatian siswa dalam menerima pelajaran, minat siswa dalam memberi tanggapan terhadap materi yang sedang dibahas, keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dan mencatat materi pelajaran dan keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Kesiapan siswa dalam menerima pelajaran sebelim pelaksanaan metode tanya jawab cukup baik, dengan Frekuensi 21dan presentase 79%. Sesudah pelaksanaan tanya jawab yang disertai pemberian nilai sudah tinggi, yaitu dengan frekuensi 28 dan presentase 100%.