Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi ISO 9001:2015 klausul operasipada unit kerja Direktorat Pelatihan Kompetensi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/JasaPemerintah (LKPP), menganalisis permasalahan yang dihadapi dalam implementasinya danmengidentifikasi langkah pemecahan atas permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakandata primer dan data sekunder yang diolah dengan menggunakan Fishbone Diagram danmetode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemenelemenyang memiliki prioritas di setiap level hierarki secara berturut-turut adalahkomunikasi pelanggan, top management, peningkatan kompetensi Pengadaan Barang danJasa (PBJ), serta pendidikan dan pelatihan (diklat). Upaya untuk memenuhi kesesuaian darisetiap persyaratan yang terdapat dalam subklausul komunikasi pelanggan, penentuanpersyaratan produk dan jasa, perubahan persyaratan pada produk dan jasa, serta preservasitelah dilakukan dengan baik oleh Direktorat tersebut sejak tahun 2015, tetapiimplementasinya masih belum optimal karena masih terjadi beberapa permasalahan.Alternatif tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah yang timbul tersebut yaitumeningkatkan pelaksanaan diklat untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitaspegawai.
Copyrights © 2018