FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2019): FARABI

Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematik antara Siswa yang Diajar Menggunakan Model NHT (Numbered Head Together) dengan Pembelajaran Langsung

Vivi Harianti (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan)
Yumira Simamora (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan)
siswadi siswadi (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan matemtik antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dan pembelajaran langsung di SMP Al Washliyah 27 Medan pada mata pelajaran matematika Tahun Pembelajaran 2019-2020. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Al Washliyah 27 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020 yang berjumlah 54 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random rampling sehingga didapatkan kelas VII- A sebagai kelas eksperimen A dan kelas VII- B sebagai kelas eksperimen B yang berjumlah 54 orang siswa. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan tes kemampuan penalaran matematik dalam bentuk uraian yang terlebih dahulu divalidkan sebagai aktivitas belajar siswa. Uji Hipotesis dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis dua kelas pada taraf signifikan 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung> ttabel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan penalaran matematik antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dan pembelajaran langsung memiliki perbedaan dalam kemampuan penalaran matematk siswa dengan didapatkan thitung =1,804 > ttabel = 1,073 sehingga dinyatakan memiliki perbedaan signifikan antara dua model pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...