Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
Vol 1, No 1 (2020)

PENERAPAN METODE QUANTUM: BAGAIMANA SISWA MENULIS TEKS NEGOSIASI?

Muthowiatin, Aini Nur (Unknown)
Sutrimah, Sutrimah (Unknown)
Hasanudin, Cahyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2020

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks negosiasi yang ditulis oleh siswa MA Al-Munawwar Kunci Dander Bojonegoro dengan menggunakan metode pembelajaran quantum. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus dengan jumlah subjek 25 siswa. Dari 25 siswa kemudian peneliti mengambil 7 siswa untuk diwawancarai dengan alasan teks negosiasinya sesuai dengan indikator. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Data divaliditaskan dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan metode contact analysis yang dimulai dari 1). reduksi data, 2). penyajian data, 3). penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks negosiasi yang ditulis oleh siswa MA Al-Munawwar Kunci Dander Bojonegoro sesuai dengan teori Rahman dengan baik. Simpulan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran quantum sangat tepat digunakan karena dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran di kelas. Kata Kunci: quantum learning, teks negosiasi, bahasa Indonesia

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tabasa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya memfasilitasi dan mendiseminasikan artikel ilmiah dari para akademikus, pengajar, dan pemerhati bahasa dan sastra Indonesia yang mencakup fokus dan bidang sebagai berikut : 1. Kebahasaan Indonesia dan pengembangannya 2. Kesastraan Indonesia ...