AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) implementasi PAUD, (2) faktor pendukungimplementasi PAUD, dan (3) faktor penghambat implementasi PAUD di Balai Pesindenan No 3Panembahan Kraton Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metodestudi kasus.Setting penelitian di Balai Pesindenan No 3 Panembahan Kraton Yogyakarta. Subjekpenelitian adalah kepala sekolah, guru, dan orangtua anak usia dini. Metode pengumpulan datamenggunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan tekniktriangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data,display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi PAUD dinyatakanberhasil meskipun dalam penyelenggaraannya masih belum optimal; (2) faktor pendukung implementasiPAUD adalah pemerintah, sekolah, guru, orangtua, anak dan seluruh warga masyarakat; dan (3) faktorpenghambat implementasi PAUD adalah keterlaksanaan PAUD belum berjalan optimal, peserta PAUDsedikit, pemahaman orangtua tentang pentingnya PAUD masih kurang, keterbatasan dana, gurunyabukan berlatarbelakang PAUD melainkan ibu-ibu PKK yang bersedia mengajar.Kata Kunci: implementasi, pendidikan anak usia dini
Copyrights © 2017