cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 266 Documents
STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DI SMAN 9 YOGYAKARTA Pranata, Alvira
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i3.5213

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendidikan karakter berbasis budaya di SMAN 9 Yogyakarta. Pada penelitian ini berfokuskan pada (1) program sekolah dalam pendidikan karakter berbasis budaya (2) strategi pendidikan karakter di sekolah dan (3) faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter berbasis budaya di sekolah.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Objek dari penelitian ini adalah strategi pendidikan karakter berbasis budaya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan karakter berbasis budaya di sekolah dengan cara (1) program sekolah dalam pendidikan karakter berbasis budaya dengan (a) program sekolah berbasis seni dan budaya, (b) budaya sekolah, (c) pendidikan karakter yang diintegrasikan ke dalam mata pelajaran dan (d)program pengembangan diri di sekolah (2) Strategi pendidikan karakter di sekolah mengacu pada strategi keteladanan (modelling), pengajaran (teaching), penguatan (reinforcing), dan pembiasaan (habituating) yang diimplementasikan di dalam strategi program sekolah dalam pendidikan karakter berbasis budaya. (3) Faktor pendukung pendidikan karakter berbasis budaya yaitu kebijakan sekolah, lingkungan yang mendukung, sarana prasarana dan komite sekolah, sedangkan faktor penghambat pendidikan karakter di sekolah yaitu ketidaksiapan pelaksanaan program, partisipasi warga sekolah dan lahan sekolah yang kurang luas.Kata Kunci : sekolah berbasis budaya, strategi,  pendidikan karakter
KULTUR SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMA NEGERI 1 SLOGOHIMO KABUPATEN WONOGIRI Hidayati, Lisa Nur
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i5.13155

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kultur Sekolah Ramah Anak di SMA Negeri 1 Slogohimo. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, sementara itu uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasilnya adalah 1) Program Sekolah Ramah Anak di SMA Negeri 1 Slogohimo dengan mengacu pada panduan pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak sudah diterapkan walaupun ada beberapa indikator yang belum diterapkan serta pelaksanaan program tersebut kurang disosialisasikan kepada warga sekolah dan stake holder lainnya. 2) Pengembangan kultur Sekolah Ramah Anak di SMA Negeri 1 Slogohimo ditanamkan melalui unsur ide atau nilai berupa artefak fisik disekolah, aktivitas penanaman nilai antara lain: nilai nasionalisme, nilai berprestasi, nilai kesopanan, nilai religius, dan nilai kedisiplinan, dan hasil nilai berupa perilaku budaya.Kata Kunci: Sekolah Ramah Anak, Kultur Sekolah, Pengembangan, Nilai.AbstractThe aims of this research is to describe the cultural development of Children Friendly Schools in SMA Negeri 1 Slogohimo. The design of this research is qualitative research using qualitative descriptive research approach. The data collection techniques which used are observation, interview, and documentation. The data were analyzed using Miles and Huberman, while the data validity test used source triangulation and technique. The results of this research were 1) Children Friendly School Program in SMA Negeri 1 Slogohimo based on implementation of Children Friendly School had been already apply meanwhile, there were some indicators did not apply yet. And then, the implementation of the program was less sosialized to the school’s member and the other stake holder.2) Development of the culture of Children Friendly School in SMA Negerei 1 Slogohimo was give through the idea like physical artefact in the school, the activity of giving the values such as: nationalism values, students achievment values, politness values, religion values, and discipline values and also the result of behaviour values.Key words : Children friendly school, Cultural School, Development, Values.
KETERCAPAIAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GEDONGTENGEN Herlambang, Agung Feby
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v9i3.17206

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat ketercapaian Standar Nasional Pendidikan yang ada pada Sekolah Dasar se-Kecamatan Gedongtengen, Yogyakarta. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di Kecamatan Gedongtengen Yogyakarta. Jumlah populasi sebanyak enam SD yang ada di Kecamatan Gedongtengen, yaitu; SD Negeri Gedongtengen, SD Negeri Sosrowijayan, SD Kanisius Notoyudan, SD Muhammadiyah Pringgokusuman, SD Netral C dan SD Netral D. Teknik pengumpulan data menggunakan angket instrumen baku akreditasi dari BAN-SM Tahun 2019. Teknik analisa data menggunakan statistik diskriptif dengan metode penyajian grafik dan tabel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor capaian rerata seluruh standar pada semua sekolah sebesar 95,76 maka telah mencapai kriteria unggul. Namun masih ditemukan permasalahan dalam beberapa komponen standar, maka dari itu masih memerlukan upaya akselerasi serta inisiatif dari sekolah dan semua pihak yang terkait dengan berbagai bentuk kegiatan dan program evaluatif untuk meningkatkan capaian Standar Nasional Pendidikan Sekolah Dasar di Kecamatan Gedongtengen.Kata Kunci : Ketercapaian, Standar Nasional Pendidikan, SD se-Kecamatan Gedongtengen YogyakartaAbstractThis research aims to describe the level of attainment of the National Education Standards in Elementary Schools in Gedongtengen District, Yogyakarta. The type of research used is descriptive quantitative research. The research site was conducted in Gedongtengen District, Yogyakarta. The total population is six elementary schools in Gedongtengen District, namely; Gedongtengen Elementary School, Elementary School Sosrowijayan, SD Canisius Notoyudan, SD Muhammadiyah Pringgokusuman, SD SD Neutral Neutral C and D. The data collection technique using questionnaires raw instrument accreditation from BAN-SM Year 2019. Data analysis using descriptive statistical methods and presentation graphics table. The results of this study indicate that the average achievement score of all standards in all schools is 95.76, so it has reached the superior criteria. However, problems are still found in several standard components, therefore it still requiresefforts accelerationand initiatives from schools and all parties related to various forms of activities and evaluative programs to improve the achievement of National Elementary Schools Education Standards in Gedongtengen District.Keywords: Achievement, National Education Standards, Elementary Schools in Gedongtengen Yogyakarta District
IMPLEMENTASI PROGRAM GELAR PELAJAR DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK SISWA DI KOTA YOGYAKARTA Miftahul Fallah, Faqih Qiyamuddin
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i2.8831

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) implementasi program gelar pelajar dalam proses pengembangan kecerdasan majemuk siswa di kota Yogyakarta, 2) faktor pendukung dan faktorpenghambat implementasi program gelar pelajar dalam proses pengembangan kecerdasan majemuk siswadi kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Subjek dalampenelitian ini adalah pejabat penanggung jawab teknis kegiatan, bangaanggota pelaksana program pelajar.Hasil penelitian menunjukkan program gelar pelajar dalam proses pengemn kecerdasan majemuk siswadi kota Yogyakarta sudah membentuk tim pelaksana berserta tugas masing-masing, tahap interpretasimenggunakan cara sosialisasi. Sosialisasi dilakukan saat rapat setiap bulanya. Dinas Pendidikan KotaYogyakarta sudah melakukan tahapan aplikasi dengan menerapkan teori kecerdasan majemuk yangdikemukakan oleh Howard Garner berupa penetapan anggaran dan peralatan dengan melakukansosialisasi. Faktor penghambat program gelar pelajar dalam proses pengembangan kecerdasan majemuksiswa di kota Yogyakarta terjadi pada faktor cuaca dan perlengkapan pendukung yang kurang maksimal.Faktor pendukung program gelar pelajar dalam proses pengembangan kecerdasan majemuk siswa di kotaYogyakarta dapat dijumpai pada faktor respon baik dari sekolah dan adanya Car Free Day.
KESIAPAN SEKOLAH DALAM MENGHADAPI TRANSISI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KE KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 3 YOGYAKARTA MARCHELIN, WINTA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v4i1.1357

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  implementasi  dan  kesiapan sekolah  dalam  menghadapi  transisi  dari  implementasi  Kurikulum  Tingkat  Satuan Pendidikan  (KTSP)  ke  Kurikulum  2013  di  SMP  Negeri  3  Yogyakarta.  Penelitian  ini merupakan  penelitian  kualitatif-deskriptif.  Subjek  penelitian  ini  adalah  warga  sekolah SMP Negeri 3 Yogyakarta yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, dan Siswa. Setting  penelitian  di  SMP  Negeri  3  Yogyakarta.  Objek  kajian  terkait  dengan kebijakan  kurikulum  tingkat  satuan  pendidikan.  Teknik  pengumpulan  data  dalam penelitian  ini  wawancara,  observasi,  dan  dokumentasi.    Penelitian  ini  menggunakan analisis  data  interaktif  menurut  Miles  dan  Huberman  yang  meliputi  langkah-langkah sebagai  berikut:  (1)  pengumpulan  data,  (2)  reduksi  data,  (3)  display  data,  dan  (4) kesimpulan. Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa:  (1)  secara  keseluruhan  implementasi Kurikulum  Tingkat  Satuan  Pendidikan  (KTSP)  belum  dapat  dilaksanakan  secara sempurna.  Akan    tetapi,  sudah  terlaksana  dengan  cukup  baik.  Pengembangan  KTSP  di SMP  Negeri  3  Yogyakarta  dapat  dilihat  dari  potensi  yang  dimiliki  dari  setiap  peserta didik dan pengajar (personal) mulai dari bentuk pengajaran yang dilakukan sesuai dengan kurikulum  yang  dikembangkan  di  SMP  Negeri  3  Yogyakarta.  (2)  Kesiapan  sekolah, secara umum  guru  di SMP Negeri 3  Yogyakarta telah siap  dalam penerapan Kurikulum 2013  sesuai  dengan  silabus  yang  disediakan  pemerintah.  Begitu  juga  dengan  kesiapan SMP  Negeri  3  Yogyakarta  tentang  sarana  dan  prasarana  sekolah  sebagai  pendukung terlaksananya Kurikulum 2013 sudah memadai. Secara garis besar, kesiapan SMP Negeri 3  Yogyakarta  dalam    menghadapi  transisi  KTSP  ke  Kurikulum  2013  sudah  siap,  dan tinggal menerapkannya di lapangan.Kata Kunci Kesiapan Sekolah, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kurikulum 2013
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH TERBUKA DI SMP TERBUKA 3 TEMPEL KABUPATEN SLEMAN Naili, Mifta
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i2.13077

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan sekolah terbuka di SMP Terbuka 3 Tempel Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek Kepala Sekolah, Wali Kelas dan Guru, dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik masalah belum semua masyarakat memperoleh pendidikan dasar 9 tahun, banyak anak yang putus sekolah karena ekonomi orang tua yang rendah, di sisi lain mereka mempunyai keterbatasan waktu sehingga tidak dapat sekolah; 2) pengaruh lingkungan kebijakan seperti fasilitas yang diberikan perangkat desa, lingkungan yang kondusif, strategi dan adanya sekolah reguler; 3) Proses pembelajaran terlihat pasif. Saat proses pembelajaran berlangsung siswa sering membuat suasana kelas tidak kondusif. Strategi dan metode pembelajaran yang digunakan menggunakan metode ceramah dengan bantuan LCD, banyak memberikan tugas dan praktik; 4) Hasil belajar yang diperoleh berupa prestasi secara akademik maupun non akademik.Kata kunci: implementasi, sekolah terbukaAbstractThis research aims to describe the implementation of open school policy in Opening SMP 3 Tempel Sleman Regency. This research is a qualitative descriptive research with subject of Headmaster, Homeroom Teacher and Teacher, and Student. Data collection techniques used interview techniques, observation and documentation. Data analysis by data reduction, data presentation and conclusion. Test data validity using source triangulation and technique triangulation. The results of the study indicate that: 1) The characteristic of the problem is that not all people have 9 years of basic education, many children drop out due to poor parents economics, on the other hand they have limited time so they can not attend school; 2) the influence of the policy environment such as facilities provided by the village apparatus, a conducive environment, strategy and the presence of regular schools; 3) The learning process looks passive. When the learning process takes place students often make the classroom atmosphere is not conducive. Learning strategies and methods used using lecture methods with the help of LCD, many provide tasks and practices; 4) Learning outcomes obtained in the form of achievement in academic and non academic.Keywords: implementation, open school
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI SERAYU KOTA YOGYAKARTA Wati, Erni
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v8i4.15870

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui implementasi kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Negeri Serayu Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu SD Negeri Serayu. Objek dalam penelitian ini yaitu implementasi kebijakan PPK. Narasumber penelitian adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu dengan langkah kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Interpretasi kebijakan penguatan pendidikan karakter dilakukan dengan membuat tim dan peraturan penguatan pendidikan karakter (2) Pengorganisasian kebijakan penguatan pendidikan karakter terstruktur, adapun program dan kegiatan yang menjadi penunjang (3) Pengaplikasian kebijakan penguatan pendidikan karakter mendapat dukungan dari masyarakat, lingkungan, dan sarana prasarana. Pengaplikasaian penguatan pendidikan karakter dapat dilakukan dengan mengintegrasikan dalam proses pembelajaran atau KBM, ekstrakurikuler, sera pembiasaan atau budaya sekolah.Kata kunci: Interpretasi, Pengorganisasian, Aplikasi, dan PPKAbstractThis study aims to describe and know implementation of the policy of strengthening the character education (PPK) at SD Negeri Serayu. The research is a qualitative descriptive research. The subject of this research was SD Negeri Serayu. The object was the implementation of the PPK policy. The resource people of the study were the principals, teachers, students and parents. The data were obtained from some techniques namely observations, interviews and documentations. In analyzing the data, the researcher used Miles, Huberman and Saldana model such as data condensation steps, data display, and verifying conclusions. Triangulation engineering and triangulation source were employed to measure the validity of data. The research results showed that (1) The interpretation of strengthening character education policy could be done by making teams and rules. (2) The organizations of strengthening character education policy were structured, programs and activities played roles to support it. (3) When the policy of strengthening character education were applied, it got supports from the societies, environment, financing and infrastructures. The application of strengthening character education can be done by integrating the policy in the teaching and learning (KBM), extracurriculars, company habituation or schools’ culturesKeyword: Interpretation, Organizing, Application, and PPK
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DISTRIBUSI SUMBERDAYA PENDIDIKAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO Sukesti, Bekti
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i6.10118

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan distribusi sumberdayapendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dibatasi pada bidang saranadan prasarana pendidikan, tenaga pendidik dan pembiayaan pendidikan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penilitian ini adalah staf Dinaspendidikan, guru dan pegawai sekolah. Penelitian dilakukan di Dinas Pendidikan Kabupaten KulonProgo, SMP N 1 Lendah dan SMP N 2 Galur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahwawancara, observasi, dan telaah dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dikembangkan oleh Matthew B. Miles dan MichaelA. Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan distribusi sumberdaya pendidikan dalambidang sarana dan prasarana secara umum dimulai dengan koordinasi, pengajuan proposal, verifikasi,evaluasi dan pengadaan. Kebijakan distribusi tenaga pendidik secara umum dilakukan dengankoordinasi, pengajuan dan penataan antara Dinas Pendidikan, sekolah dan BKPP Kabupaten KulonProgo. Kebijakan distribusi pembiayaan pendidikan secara umum terdiri dari penyaluran biaya daripemerintah melalui Dinas Pendidikan dan dari pemerintah ke sekolah langsung. (2) Implementasikebijakan distribusi sumberdaya pendidikan dilihat dari aspek komunikasi sudah konsisten,sumberdaya staf, fasilitas maupun anggaran belum terpenuhi, disposisi, pembagian tanggungjawab,kerjasama yang baik dalam melaksanakan kebijakan. (3) Dampak dari implementasi kebijakandistribusi oleh Dinas Pendidikan adalah sekolah merasa puas dengan kinerja Dinas Pendidikan,terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan, tenaga pendidik, pembiayaan pendidikan dengan tepatwaktu.Kata Kunci: Implementasi kebijakan, distribusi sumberdaya pendidikan sarana dan prasarana,tenaga pendidik, pembiayaan
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH SIAGA BENCANA DALAM MEMBANGUN RESILIENSI SEKOLAH DI SMPN 2 CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN Taufik, Ahmad
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i4.5241

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) implementasi Sekolah Siaga Bencana (SSB) di SMPN 2 Cangkringan, 2) faktor pendukung dan penghambat, 3) resiliensi sekolah, 4) keterkaitan SSB dalam membangun resiliensi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi SSB di SMPN 2 Cangkringan dilakukan melalui tiga pilar aktivitas, yaitu Pengorganisasian, Interpretasi, dan Aplikasi. Pengorganisasian SSB yaitu kerjasama dengan berbagai pihak, membuat dokumen rencana kontijensi, dan pemuatan materi mitigasi bencana pada kurikulum. Interpretasi SSB yaitu menyusun pedoman dokumen rencana kontijensi, pemuatan mitigasi bencana, dan visi misi sekolah. Aplikasi SSB yaitu simulasi, integrasi mitigasi bencana pada mata pelajaran, memuatkan pada visi misi sekolah, dan menyediakan sarana prasarana pendukung. 2) Faktor pendukung SSB kerjasama dengan lembaga, memiliki perangkat pendukung, bantuan dari BPBD, sedangkan faktor penghambat pergantian siswa setiap ajaran baru, banyak kegiatan sekolah, kurang pendanaan kegiatan simulasi, dan kurang komunikasi dengan lembaga, 3) Resiliensi sekolah tergolong tinggi yang dapat dilihat dari enam aspek yaitu meningkatkan ikatan dengan sekolah, kejelasan aturan, mengajarkan life skill, kepedulian dan dukungan sekolah, mengkomunikasikan dan merealisasikan harapan, dan kesempatan berpartisipasi. 4) Implementasi SSB mendukung penguatan resiliensi sekolah. Kata kunci: Kebijakan, Sekolah Siaga Bencana, Resiliensi Sekolah.
ASPIRASI ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI KAWASAN WISATA GUNUNG MERAPI ‘VULCANO TOUR’ CANGKRINGAN, SLEMAN Irawan, Wahyu Nur
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v8i1.15837

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) aspirasi orangtua tentang pendidikan anak di kawasan wisata Gunung Merapi “Vulcano Tour” Cangkringan Sleman. (2) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi aspirasi orangtua terhadap pendidikan anak di kawasan wisata Gunung Merapi “Vulcano Tour” Cangkringan Sleman.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan tempat penelitan dilakukan di kawasan wisata gunung merapi ‘Vulcano Tour’ Cangkringan Sleman. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan keabsahan data dan analisis data interaktif secara menerus.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aspirasi orangtua terhadap pendidikan anak di kawasan wisata Gunung Merapi tinggi karena orangtua mempunyai keinginan agar anak dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi dibandingkan dengan orangtuanya. Orangtua mempunyai harapan agar anak dapat menempuh pedidikan sampai di jenjang perguruan tinggi dan nantinya mendapatkan pekerjaan yang layak sehingga dapat membantu orangtuanya.Kata Kunci : Aspirasi orangtua, Pendidikan anakAbstrakThis research was to describe: (1) parents' aspirations about children's education in the Mount Merapi tourist area of "Vulcano Tour" Cangkringan Sleman. (2) Describe the factors that influence parents' aspirations for children's education in the Mount Merapi tourist area "Vulcano Tour" Cangkringan Sleman.This type of research is qualitative and the research site is conducted in the Merapi mountain tourism area 'Vulcano Tour' Cangkringan Sleman. Data collection techniques are in-depth interviews, observation, and documentation, while data analysis techniques use interactive interactive data analysis.The results of the research show that: (1) parents' aspirations for children's education in the Mount Merapi tourism area are high because parents have a desire for children to be able to study higher than their parents. Parents have high aspirations for children's education that is to want school children to college and later get a decent job and can help their parents. The effort is to monitor the learning at home and provide additional lessons outside of school.Keyword: Aspiration of parent, Child education

Page 1 of 27 | Total Record : 266


Filter by Year

2015 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue