Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan

KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA

Pinastika, Febrina Dwi Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: kenakalan siswa di SMK PERINDUSTRIAN Yogyakarta, kebijakan sekolah dalam mengatasinya, faktor pendukung dan faktor penghambat kebijakan sekolah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian dipilih secara purposive sampling yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala kesiswaan, wali kelas, koordinator BK, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan kajian dokumen. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian memberikan kesimpulan: 1) masih ditemukan kenakalan siswa dengan tidak mentaati peraturan tata tertib sekolah di SMK PERINDUSTRIAN Yogyakarta; 2) kebijakan sekolah dalam mengatasi kenakalan siswa adalah dengan melakukan tiga upaya: upaya preventif salah satunya dengan kebijakan peraturan tata tertib, upaya kuratif salah satunya dengan kebijakan pemberian sanksi yang mendidik, dan upaya pembinaan dengan kebijakan kegiatan ekstrakurikuler; 3) faktor pendukung kebijakan sekolah yaitu kerjasama yang dibangun oleh sekolah dengan seluruh warga sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam mengatasi kenakalan siswa; 4) faktor penghambat kebijakan sekolah yaitu kurangnya kerjasama dari berbagai pihak yang berkewajiban dalam pelaksanaan mengatasi kenakalan siswa, kurangnya perhatian orang tua dan lingkungan sosial yang kondusif bagi siswa. Kata kunci: Kebijakan Sekolah, Kenakalan Siswa

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sakp

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the ...