Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan

PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMAN 8 MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT (NTB)

Rinjani, Laxmi Bai Azhan Puspa (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler berbasis kearifan lokal di SMAN 8 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kearifan lokal di SMAN 8 Mataram ini diperoleh berdasarkan hasil wawancara dan observasi. Dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan dengan guru-guru dan pegawai di SMAN 8 Mataram, kearifan lokal yang dikembangkan di sekolah yakni ekstrakurikuler seni tari tradisional dan kesenian gendang beleq. Proses pengembangan pelaksanaan ekstrakurikuler berbasis kearifan lokal di sman 8 Mataram dilakukan dalam empat tahap, yakni membentuk team work, menyediakan fasilitas penunjang, menjalin kerjasama dengan masyarakat atau pihak luar, dan menyiapkan strategi pelaksanaan.Kata kunci: ekstrakurikuler, kearifan local, sekolah

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sakp

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the ...