Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan

KONSEP DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS ALAM DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Nidyawati, Dian Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan implementasi pendidikan berbasis alam diSanggar Anak Alam (SALAM) Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Pendiri,Kepala PKBM, Kepala Pendidikan Tingkat Dasar (SD), fasilitator Pendidikan Dasar, dan peserta didikPendidikan Tingkat Dasar Sanggar Anak Alam (SALAM). Teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles danHubberman yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknikkeabsahan data mengunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian menyimpulkan, (1) Pendidikan berbasis alam yaitu proses belajar manusia secarakodrat dan alamiah melalui kehidupan dan lingkungan alam sekitarnya; (2) Tujuan dari pendidikan berbasisalam yaitu agar anak menjadi dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan potensinya masing-masingdisesuaikan dengan capaian setiap kelas; (3) Karakteristik peserta didik yaitu anak bebas mengembangkanminat dan potensinya masing-masing, anak-anak tidak dipaksa oleh para orang tuanya sehingga anak-anakdengan senang hati belajar di Sanggar Anak Alam (SALAM); (4) Karakteristik pendidik yaitu bertanggungjawab terhadap pelaksanaan pendidikan berbasis alam dengan memfasilitasi seluruh kebutuhan peserta didikdalam pembelajaran dan ada keinginan untuk belajar bersama-sama dengan anak maupun fasilitator yang lain;(5) Kurikulum yang digunakan dalam pengimplementasian pendidikan berbasis alam adalah kurikulumberbasis minat masing-masing peserta didik melalui daur belajar; (6) Metode pembelajaran yang digunakanyaitu menggunakan metode riset yang temanya ditentukan oleh peserta didik mulai dari perencanaan sampaidengan persentasi; (7) Media yang digunakan peserta didik berbeda-beda dan disiapkan bersama orang tuanyasesuai dengan kebutuhan serta tema masing-masing peserta didik; (8) evaluasi dalam pelaksanaan pendidikanberbasis alam dilakukan dengan review oleh fasilitator serta dalam proses pembelajaran melalui tahap-tahapdaur belajar.Kata kunci: Konsep pendidikan, Pendidikan berbasis alam, Sanggar Anak Alam (SALAM)

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sakp

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the ...