Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan

KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP AL-HIKMAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL

Wulandari, Desy Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan kebijakan pendidikan karakter di SMP Al-Hikmah serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui  observasi,  wawancara,  dan  kajian  dokumen.  Subjek  penelitian  adalah  kepala  sekolah,  guru, karyawan,  dan  siswa.  Analisis  data  penelitian  yaitu  reduksi  data,  penyajian  data,  dan  penarikan kesimpulan.  Uji  keabsahan  data  dengan  triangulasi  teknik  yaitu  hasil  penelitian  dicek  dengan  observasi dan kajian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan pendidikan karakter dicetuskan untuk  membentuk  perilaku  siswa  yang  memiliki  karakter  yang  baik.  (2)  Program  pendidikan  karakter yaitu program intrakurikuler dan ektrakurikuler. Pendidik dalam pendidikan karakter adalah diri sendiri, orang  tua,  guru,  kepala  sekolah,  karyawan,  teman,  lingkungan  masyarakat,  dan  media  massa.  Strategi pendidikan  karakter  melalui  integrasi  pembelajaran  di  sekolah  dan  pelajaran  pesantren.  Metode pendidikan  karakter  yaitu  inkulkasi  (penanaman)  nilai,  keteladanan,  fasilitasi,  dan  pengembangan ketrampilan.  Evaluasi  dilakukan  pada  rapat-rapat  sekolah.  (3)  Faktor  pendukung  kebijakan  adalah kemauan siswa, integrasi pendidikan di sekolah dan pesantren. Faktor penghambat yaitu input siswa yang berasal  dari  berbagai  daerah,  sarana  dan  prasarana,  dana,  konsistensi  guru  dalam  mengajar,  pengaruh lingkungan, serta inovasi kurikulum di pesantren.Kata kunci: Kebijakan, Pendidikan Karakter

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

sakp

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the ...