AbstrakPenelitian ini mendeskripsikan implementasi program Gerakan Peduli Siswa (Peraturan Wali KotaNomor 57 Tahun 2016) di SMP Negeri 1 Magelang, faktor pendukung dan penghambat, dan strategi sekolahuntuk mengatasi faktor penghambat. Pendekatan penelitian yang digunakan: kualitatif dengan metodedeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi program didukung oleh komunikasi agenagenpelaksana melalui rapat kerja, rapat manajeman, surat pemberitahuan kepada orang tua. Sumber dayayang mendukung kegiatan yaitu sumber daya manusia, sumber dana, dan alokasi waktu. Komitmen dari paraagen pelaksana, serta struktur birokrasi dari pihak sekolah. Implementasi Program Gerakan Peduli Siswadidukung melalui empat bentuk kegiatan sebagai berikut: Gerakan Pencegahan Kenakalan Siswa/PesertaDidik, Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti, Gerakan Proses Belajar Mengajar yang Efektif dan Efisien, danGerakan Infaq dan Shodaqoh. (2) Faktor pendukung berupa ciri khas dari sekolah, sarana prasarana danpartisipasi dari seluruh warga sekolah. Faktor penghambat misalnya dalam pelaksanaan kegiatan osis pedulimasih ada siswa yang tidak berpartisispasi, pengadministrasian yang terlalu rinci dan tidak adanya danakhusus dari Dinas. (3) Upaya sekolah mengatasi faktor penghambat yaitu sosialisasi ditingkatkan dandiperjelas, saling mengingatkan dalam pengadministrasian, adanya dana dan bidang khusus dari Dinas.Kata kunci: implementasi program, gerakan peduli siswa
Copyrights © 2017