Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan

KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA MUTU PADA SEKOLAH REGROUPING DI SD N UNGARAN 1 YOGYAKARTA

Maharani, Nur Laila (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses formulasi kebijakan pengembangan budayamutu yang pernah dilakukan oleh SD N Ungaran 1 Yogyakarta pasca regrouping. Pendekatan penelitianini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah SD N Ungaran 1 Yogyakarta. Teknikpengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Data dianalisis denganreduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasisumber dan teknik. Hasil penelitian adalah proses formulasi kebijakan dilakukan oleh Kepala Sekolah,guru, pegawai, Komite Sekolah, dan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dalam 4 tahap yaitumerumuskan masalah, agenda kebijakan, alternatif kebijakan, dan penetapan kebijakan dengan membuatSurat Keputusan Kepala Sekolah tentang pengembangan budaya mutu sekolah, yaitu menyediakanfasilitas sekolah yang memadai, melaksanakan pendidikan lingkungan hidup, meningkatkan partisipasiorang tua, menciptakan pembelajaran berbasis budaya lokal (jogja), meningkatkan potensi non akademiksiswa, menciptakan suasana kerja yang kondusif, menciptakan keakraban siswa dan warga sekolah, sertameningkatkan kompetensi guru dan pegawai.Kata Kunci: kebijakan sekolah, formulasi kebijakan, budaya mutu, sekolah regrouping

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sakp

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the ...