AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses formulasi kebijakan pengembangan budayamutu yang pernah dilakukan oleh SD N Ungaran 1 Yogyakarta pasca regrouping. Pendekatan penelitianini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah SD N Ungaran 1 Yogyakarta. Teknikpengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Data dianalisis denganreduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasisumber dan teknik. Hasil penelitian adalah proses formulasi kebijakan dilakukan oleh Kepala Sekolah,guru, pegawai, Komite Sekolah, dan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dalam 4 tahap yaitumerumuskan masalah, agenda kebijakan, alternatif kebijakan, dan penetapan kebijakan dengan membuatSurat Keputusan Kepala Sekolah tentang pengembangan budaya mutu sekolah, yaitu menyediakanfasilitas sekolah yang memadai, melaksanakan pendidikan lingkungan hidup, meningkatkan partisipasiorang tua, menciptakan pembelajaran berbasis budaya lokal (jogja), meningkatkan potensi non akademiksiswa, menciptakan suasana kerja yang kondusif, menciptakan keakraban siswa dan warga sekolah, sertameningkatkan kompetensi guru dan pegawai.Kata Kunci: kebijakan sekolah, formulasi kebijakan, budaya mutu, sekolah regrouping
Copyrights © 2017