Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan

PENDIDIKAN WAWASAN NUSANTARA PADA PROGRAM KAPAL PEMUDA NUSANTARA TAHUN 2012-2015

Suwartini, Suwartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pendidikan Wawasan Nusantara pada program Kapal Pemuda Nusantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah enam peserta yang mengikuti Program Kapal Pemuda Nusantara Tahun 2012-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen Pendidikan Wawasan Nusantara meliputi 1) Tujuan, 2) Peserta Didik, 3) Pendidik, 4) Kurikulum, 5) Sarana dan Prasarana, dan 6) Materi dan 7) Metode. Pemahaman peserta terhadap Wawasan Nusantara antara lain a) mengerti bahwa berbusana, tatanan rambut, bahasa, adat dan karakter individu dari setiap daerah di Provinsi se-Indonesia berbeda; b) Peserta mengenal budaya secara nyata melalui Pagelaran Seni Budaya; c) Memahami Indonesia yang terdiri dari banyak pulau-pulau; d) memahami pariwisata Indonesia yang unik dan menarik. Perilaku dan Sikap yang ditunjukkan  a) lebih peka terhadap lingkungan daerah lain seperti infrastruktur, pariwisata, pendidikan dan budaya; b) menyadari bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya dan menjadi lebih cinta dengan Indonesia. Kata kunci: pendidikan wawasan nusantara, program kapal pemuda nusantara

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sakp

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the ...