AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) implementasi kebijakan pendidikan inklusi diSMP Ekakapti Karangmojo, 2) faktor pendukung dan faktor penghambat, 3) upaya yang dilakukan olehsekolah dalam mengatasi hambatan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepalasekolah, koordinator pendidikan inklusi, guru mata pelajaran serta GPK. Metode pengumpulkan datamelalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan dalam teknik analisis data yang digunakan yaitureduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasisumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan implementasi kebijakan pendidikan inklusi ditransformasikanmelalui SK SPPI, penunjukan GPK dan pelatihan inklusi dari dinas. SMP Ekakapti Karangmojomengimplementasikan pendidikan inklusi melalui penunjukan koordinator pendidikan inklusi, pemanfaatanSDM sekolah agar memiliki disposisi yang baik, manajemen keuangan inklusi, peningkatan sarana ramahABK, kerja sama sekolah dengan berbagai pihak serta pembuatan kebijakan sekolah. Faktor pendukungimplementasi kebijakan tersebut adalah pelatihan dari dinas, disposisi SDM sekolah, sumber dana,peralatan, kerja sama guru dan kerja sama sekolah dengan berbagai pihak. Faktor penghambatimplementasi kebijakan adalah terbatasnya GPK, belum maksimalnya intisari kebijakan inklusi, peralatankomputer, permasalahan ABK dan lingkungan luar sekolah. Upaya mengatasi hambatan dengan membuatkebijakan sekolah, yaitu kebijakan pelatihan mandiri sekolah, modifikasi kurikulum, kerjasama sekolah,penambahan jam belajar serta peningkatan keamanan lingkungan sekolah.Kata kunci: implementasi, kebijakan, pendidikan inklusi
Copyrights © 2017