AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan konsep pendidikan Ki HadjarDewantara tentang sistem among di SMP Taman Dewasa Kumendaman Yogyakarta. Jenis penelitian inikualitatif. Subjek penelitian ini yaitu ketua Majelis Luhur Tamansiswa, kepala sekolah, pamong, pesertadidik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis datadengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakantriangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitan (1) Konsep pendidikan sistem among terdapat dua landasanyaitu a) kemerdekaan, peserta didik tidak dikekang agar tidak ketergantungan dalam jangka waktupanjang. b) kodrat alam, mendidik anak dengan kemampuan yang ada dalam dirinya. Mendidikberdasarkan situasi dan kondisi peserta didik dan pamong menggunakan pendekatan terapi mesra. (2)penerapan sistem among, a) kemerdekaan, penerimaan peserta didik tidak berdasarkan nilai NEM yangdicapai saat SD. Saat pembelajaran mulai, ada peserta didik yang bermain HP, makan, dan asyik denganteman-temannya. Namun, pamong tidak membentak-bentak. Peserta didik tidak wajib mengikutiekstrakurikuler. b) kodrat alam, pamong melakukan home visit untuk mengetahui keadaan lingkunganpeserta didik secara intensif. Pamong memberikan contoh dalam pelajaran yang tidak membuatketersinggungan peserta didik. (3) Kendala internal: fasilitas yang kurang memadai, pamong yang sebagianbukan dari tamansiswa, peserta didik yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Kendalaeksternal: orangtua peserta didik yang tidak peduli, lingkungan pergaulan peserta didik.Kata kunci: konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara, sistem among, SMP Taman DewasaKumendaman Yogyakarta
Copyrights © 2017