Sciening : Science Learning Journal
Vol. 1 No. 1: Juni 2020

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Kusno S. M. Kansil (Universitas Negeri Manado)
Ni Wayan Suriani (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Proses pembelajaran melalui model kooperatif STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Baturapa Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan dipilih 2 kelas dengan jumlah masing-masing 25 siswa, kelas VIIA eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran diperoleh dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji perbedaan dua rerata (uji-t) pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung = 2,52679 > ttabel = 1,67722 sehingga menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri 6 Baturapa khususnya pada materi ciri-ciri makhluk hidup.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...