Sciening : Science Learning Journal
Vol. 2 No. 1: Juni 2021

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Advent Tondano

Buarno Refualu (Universitas Negeri Manado)
Ni Wayan Suriani (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas VII SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain eksperimental semu yaitu posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yakni kelas VIIA berjumlah 18 siswa (kelas eksperimen) dan kelas VIIB berjumlah 18 siswa (kelas kontrol) sehingga total jumlah keseluruhan sampel penelitian adalah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 5,063 > ttabel = 2,050. Berdasarkan kriteria pengujian, jika thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) maka H0 ditolak yang berarti Ha diterima yang artinya rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar IPA siswa yang diajar tanpa model pembelajaran berbasis proyek. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa di SMP Advent Tondano.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...