Sciening : Science Learning Journal
Vol. 2 No. 1: Juni 2021

Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Pemanfaatan Struktur Tumbuhan Dalam Teknologi

Supardi Abram (Universitas Negeri Manado)
Anneke T. Rondonuwu (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Daerah Kotabunan pada sub materi pemanfaatan struktur tumbuhan dalam teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri Daerah Kotabunan dan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas VIII B sebagai kontrol yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest sebelum proses penelitian dilaksanakan dan posttest sesudah diberikan perlakuan. Data hasil penelitian yang diperoleh berupa nilai rata-rata hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen 26,55 dan 59.5 sedangkan untuk kelompok kontrol nilai rata-rata hasil pretest dan posttest adalah 23,85 dan 73,1. Setelah diuji statistik melalui uji-t, rata-rata hasil belajar yang didapat antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu thitung = 8,063 > ttabel = 1,304. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Daerah Kotabunan pada sub materi pemanfaatan struktur tumbuhan dalam teknologi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...