Sciening : Science Learning Journal
Vol. 2 No. 1: Juni 2021

Motivasi Berprestasi Mahasiswa dalam Bichronous Online Learning saat Pandemik COVID-19

Yana Sambeka (Politeknik Negeri Nusa Utara)
Hardin F. Rares (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Pandemik COVID-19 cukup mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia. Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 maka pemerintah dan praktisi pendidikan mencari solusi untuk kegiatan pembelajaran. Bichronous online learning banyak diimplementasikan dalam pembelajaran saat pandemik COVID-19. Namun pembelajaran seperti ini berdampak kepada kesehatan mental pelajar sampai dapat menurunkan motivasi belajar. Dalam penelitian ini peneliti menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan informasi tentang motivasi berprestasi mahasiswa dalam bichronous online learning. Kuesioner terdiri dari 72 butir pernyataan dan responden terdiri dari 27 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi mahasiswa dalam bichronous online learning terdapat pada kategori cukup. Disimpulkan bahwa pembelajaran daring bichronous tidak menyurutkan motivasi berprestasi mahasiswa, namun tidak pula meningkatkan motivasi berprestasi mereka.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...