Transformasi : Jurnal Kepemimpinan dan Pendidikan Islam
Vol 2 No 1 (2018): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan islam

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM NONFORMAL AIMAS KABUPATEN SORONG

Muhammad Rusdi Rasyid (Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dan pendekatan keilmuan berupa sosiologis dan historis. Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk menemukan dan mendeskripsikan motivasi masyarakat dalam pengembangan pendidikan Islam nonformal, 2) mendeskripsikan dan menganalisis bentuk pengembangan pendidikan Islam nonformal di Aimas Kabupaten Sorong. Adapun sumber data penelitian ini adalah tokoh masyarakat, para pembina, pembimbing, tenaga pendidik, peserta didik, dan masyarakat. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Tahap selanjutnya adalah teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua faktor penting yang menjadi motivasi pengembangan pendidikan Islam nonformal pada masyarakat transmigran Aimas Kabupaten Sorong, yaitu: 1) rendahnya pemahaman keagamaan, 2) ekonomi. Bentuk pengembangan pendidikan Islam nonformal ada tiga, yaitu melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (Madin), dan Majelis Taklim (MT).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Transformasi

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Transformasi (P-ISSN : 2614-8463 E-ISSN :2615-3734 ) merupakan jurnal yang berfokus pada kajian Kepemimpinan dan Pendidikan Islam, meliputi model-model, gaya, sistem, perilaku dan budaya kepemimpinan dan pendidikan Islam, serta keterkaitan kepemimpinan pendidikan Islam, berupa hasil field ...