Journal of Mathematical and Fundamental Sciences
Vol. 39 No. 1-2 (2007)

Pengukuran Parameter Seismik dan Difraksi Sinar-X (XRD) pada Batuan Karbonat Formasi Parigi

Jhon Alder (Laboratorium Inversi Gelombang dan Pencitraan Fluida Bawah Permukaan (WISFIR), Kelompok Keahlian Fisika Sistem Kompleks, FMIPA, Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesa 10 Bandung, Indonesia 40132 Jurusan Teknik Komputer, Universitas Komputer Indonesia)
Bagus Endar Bachtiar Nur Handoko (Laboratorium Inversi Gelombang dan Pencitraan Fluida Bawah Permukaan (WISFIR), Kelompok Keahlian Fisika Sistem Kompleks, FMIPA, Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesa 10 Bandung, Indonesia 40132)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2013

Abstract

Substitusi fluida merupakan bagian dari studi seismik untuk memodelkan dan menghitung berbagai macam skenario substitusi fluida yang memberi petunjuk pada pengamatan respon AVO (Amplitude Variation with Offset) dan data seismik post stack. Substitusi fluida melibatkan persamaan Gassmann yang akan mengestimasi efek fluida terhadap parameter modulus bulk. Prediksi parameter modulus bulk ini dapat dipakai untuk mencari keberadaan hidrokarbon.Eksperimen dilakukan terhadap beberapa sampel core batuan karbonat formasi Parigi di daerah Cirebon. Batuan karbonat yang diprediksi berkategori reef dengan kandungan mineral Calcite yang dominan. Kemudian diukur di dalam laboratorium seismik batuan tekanan tinggi dengan variasi tekanan berupa overburden dan pore pressure. Pengamatan dilakukan saat fluida berupa air disubstitusikan ke dalam batuan serta mengamati efek fluida yang terjadi ketika variasi tekanan diberikan. Pengaruh dari kehadiran fluida ini akan digunakan untuk menjelaskan efek substitusi fluida pada batuan karbonat.Kenaikan atau bertambahnya kecepatan gelombang-P ini berbanding lurus dengan modulus bulk dari fluida pengisi pori, sedangkan kecepatan gelombang-S cenderung menurun dengan kehadiran fluida. Hal ini menyatakan bahwa asumsi Gassmann tidak berlaku untuk batuan karbonat.

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

jmfs

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Earth & Planetary Sciences Mathematics Physics

Description

Journal of Mathematical and Fundamental Sciences welcomes full research articles in the area of Mathematics and Natural Sciences from the following subject areas: Astronomy, Chemistry, Earth Sciences (Geodesy, Geology, Geophysics, Oceanography, Meteorology), Life Sciences (Agriculture, Biochemistry, ...