Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam
Vol 14 No 2 (2017): Studi Pendidikan Islam

PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM PENERAPAN SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

PERMATASARI, ITA (Unknown)
Herlina, N Hani (Unknown)
Selamet, Selamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menggali pengaruh persepsi siswa dalam penerapan sistem Full day School terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan menyebar angket, dokumentasi dan wawancara, dan adapun data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian disimpulkan sebagi berikut: 1) Persepsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciamis dalam penerapan sistem Full Day School mencapai 72,55. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi siswa dalam penerapan sistem Full Day School berada pada kualifikasi tinggi karena berada pada 59 – 79; 2) Prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciamis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mencapai 72,20. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar belajar siswa berada pada kualifikasi tinggi karena berada pada kualifikasi tinggi karena berada pada rentang 59 -79; 3) Pengaruh persepsi siswa dalam penerapan sistem Full day School terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Ciamis diketahui nilai R squared-nya yaitu sebesar 0,001, artinya variabel X mempengaruhi variabel Y Sebesar 0,01%. Masih terdapat pengaruh variabel lain sebesar 99,9% terhadap variabel Y selain variabel X dan ditunjukkan oleh nilai korelasi penulis memperoleh koefisien korelasi antara variabel X dengan variabel Y sebesar 0,041 > 0,05. Maka H0 diterima dan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,041 ini tergolong pada interpretasi hampir tidak ada korelasi karena berada pada rentang 0,00 – 0,20.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bestari

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam| This journal covers textual and fieldwork studies with various perspectives of all educational areas studies including Islamic philosophy of education, Islamic educational psychology, sociology of education, curriculum, learning models, learning strategies, ...