Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam
Vol 15 No 1 (2018): Studi Pendidikan Islam

UPAYA MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK DALAM PENGENALAN LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A PAUD Nurul Huda Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis)

Ukisah, Iis (Unknown)
Rizal, Soni Samsu (Unknown)
Millah, Saepul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2018

Abstract

Penelitian ini mengungkap tentang upaya meningkatkan kognitif anak dalam pengenalan lambang bilangan melalui media kartu angka. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK) model John Elliot. Ada empat tahap yang dilakukan pada penelitian ini yaitu; Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil terhadap penyusunan RPPH pada siklus I dengan rata-rata 69,16. Pada siklus II mendapatkan rata-rata 74, dan pada siklus ke III mendapatkan rata-rata 82,16. Jadi secara keseluruhan penyusunan RPPH pada siklus I,II dan III meningkat. Hasil terhadap proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dengan rata-rata 68,7. Pada siklus II mendapatkan rata-rata 73,9, dan pada siklus ke III mendapatkan rata-rata 81,2. Berdasarkan hasil penilaian peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan melalui media kartu angka maka dapat diketahui pada siklus I diperoleh rata-rata nilai kelas 67,81. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai kelas 71,12. Pada siklus III diperoleh rata-rata nilai kelas 80,62, maka secara keseluruhan tuntas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bestari

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam| This journal covers textual and fieldwork studies with various perspectives of all educational areas studies including Islamic philosophy of education, Islamic educational psychology, sociology of education, curriculum, learning models, learning strategies, ...