Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Vol 18, No 2 (2020): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya

ANALISIS PENGARUH MOTIVASI HEDONIK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MELALUI PENCARIAN PRODUK SEBAGAI VARIABEL YANG MEMEDIASI (Studi Kasus Pada Produk Fashion di Media Sosial Instagram)

Hera Febria Mavilinda (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2020

Abstract

 ABSTRAK Tujuan penelitian – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh langsung dari motivasi hedonik terhadap pencarian produk dan pembelian impulsif  serta pengaruh tidak langsung dari motivasi hedonik terhadap pembelian impulsif melalui pencarian produk sebagai variabel yang memediasi pada produk fashion di media sosial Instagram. Desain/Metodologi/Pendekatan – Jenis Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimental untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari motivasi hedonik terhadap pembelian impulsif melalui pencarian produk. Penelitian ini menggunakan data primer melalui penyebaran kuisioner dengan jumlah sampel sebanyak 300 responden. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Teknik analisis Structure Equation Model (SEM) yang dioperasikan melalui program AMOS. Temuan – Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi hedonik berpengaruh langsung secara signifikan terhadap pencarian produk dan pembelian impulsif pada produk fashion di media sosial instgram serta berpengaruh secara tidak langsung terhadap pembelian impulsif melalui pencarian produk sebagai variabel yang memediasi. Selain itu terdapat pengaruh langsung secara signifikan antara pencarian produk terhadap pembelian impulsif. Keterbatasan penelitian – Keterbatasan dalam penelitian ini adalah objek penelitian hanya berfokus pada 1 (satu) jenis media sosial saja yaitu Instagram. Sedangkan sampel penelitian hanya terbatas pada konsumen wanita yang melakukan pembelian produk fashion di instagram. Selain itu variabel yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembelian impulsif dalam penelitian ini hanya terbatas pada variabel motivasi hedonik dan pencarian produk. Originality/value – Model yang dikembangkan dalam penelitian ini merupakan replikasi dari model penelitian Beyza Gultekin dan Leyla Ozer dengan menggunakan dimensi yang berbeda untuk mengukur motivasi hedonik. Selain itu objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja online pada media sosial Instagram, berbeda dengan penelitian sebelumnya yang objek penelitiannya pada konsumen yang berbelanja di departemen store (konsumen offline). Keywords : Motivasi Hedonik, Pencarian Produk, Pembelian Impulsif. 

Copyrights © 2020