Theta : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2020)

SOAL MODEL PISA DENGAN KONTEKS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Yenny Hervanda (Universitas Lambung Mangkurat)
Noor Fajriah (Universitas Lambung Mangkurat)
Yuni Suryaningsih (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Skor rata-rata PISA matematika siswa Indonesia pada tahun 2000-2018 masih berada di bawah skor rata-rata internasional. Untuk itu diperlukan soal-soal yang standar PISA, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika model PISA dengan konteks etnomatematika untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang valid dan praktis. Metode pengembangan Formative research Tessmer digunakan dalam penelitian. Soal valid ditinjau dari penilaian validator ahli dan empiris sedangkan praktis jika respon siswa positif. Siswa SMAN 7 Banjarmasin usia 15 tahun sebanyak 38 sebagai subjek untuk menguji kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian diperoleh tujuh butir soal uraian matematika model PISA konteks etnomatematika budaya Banjar yang valid dan praktis. Hasil uji diperoleh rata-rata tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam kriteria baik, sehingga soal matematika model PISA yang dikembangkan dapat mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

THETA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Theta: Jurnal Pendidikan Matematika is a peer-reviewed journal by Department of Mathematics of Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Theta: Jurnal Pendidikan Matematika is a collection of scientific articles in the fields of mathematics and mathematics ...