Sciscitatio : Journal for Biological Science
Vol. 2 No. 1 (2021): Volume 2, Number 1, Januari 2021

Uji Efektivitas Ekstrak Alkohol Daun Cengkeh (Syzigium aromaticum) Sebagai Repellent Semprot Terhadap Lalat Rumah (Musca domestica)

Bili, Risniati (Unknown)
Ballo, Apriliana (Unknown)
Blegur, Willem A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

Lalat rumah (Musca domestica) merupakan anggota dari familia Muscidae yang umum dijumpai pada daerah permukiman di Indonesia. Kebiasaan lalat rumah dalam mencari makanan pada sampah basah hasil buangan rumah tangga berpotensi menjadikannya vektor patogen penyebab penyakit diare. Daun cengkeh (Syzigium aromaticum) diketahui mempunyai senyawa fitokimia yang berpotensi sebagai pengusir lalat. Tujuan dari penelitian ini untuk mempelajari konsentrasi ekstrak alkohol S. aromaticum yang efektivitas sebagai repellent semprot terhadap M. domestica dengan cara penyemprotan ekstrak ke wadah yang berisi ikan. Penelitian ini dirancang menggunakan metode ekperimental RAL sederhana dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Variasi konsentrasi 0% (control) 10%, 15%, 20%, 25% dari 1000 ppm. Analisis data menggunakan analisis uji statistik Anova versi SPSS 24 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi ekstrak daun cengkeh yang digunakan dalam repellent semprot, maka semakin banyak lalat yang menjauh. Kemampuan tolak repellent semprot terhadap lalat rumah adalah sebesar sebesar 83,7% untuk konsentrasi ekstrak 10%, 88,88% untuk konsentrasi ekstrak 15%, 91,10%untuk konsentrasi ekstrak 20% dan 95,55% untuk konsentrasi ekstrak 25% Ekstrak alkohol daun cengkeh berpotensi untuk digunakan sebagai bahan aktif repellent semprot yang efektif terhadap lalat rumah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sciscitatio

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology

Description

Sciscitatio is dedicated to the publication of original research articles in basic biology and biotechnology fields including environmental biotechnology, industrial biotechnology, medical biotechnology and bioentrepreneurship. Sciscitatio is published twice a year in January and July, and intended ...