Populis : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 5, No 2 (2020)

Strategi Komunikasi Siaran Radio Gen 98.7 FM Jakarta dalam Program Siaran DJ Sore untuk Mempertahankan Pendengar

Annastasya Rizqa Prisanastiti (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Nasional)
Djudjur Luciana Radjagukguk (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Nasional)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Banyaknya stasiun radio swasta diiringi dengan kemajuan teknologi menjadi  tantangan bagi Radio Gen 98.7 FM Jakarta khususnya di program siaran sore bernama ‘DJ Sore’ untuk mempertahankan pendengarnya. Sehingga, Radio Gen 98.7 FM Jakarta menerapkan strategi komunikasi pada program siaran DJ Sore yang matang meliputi perencanaan, melakukan pelaksanaan hingga yang terakhir melakukan evaluasi untuk mengetahui yang berhasil dan yang kurang dari perencanaan itu. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data yang digunakan teknik wawancara mendalam, observasi secara tidak langsung dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh pun kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dari proses strategi komunikasi radio Gen 98.7 FM pada dalam program DJ Sore adalah dengan menggunakan Teori POAC yang dikemukakan oleh George R. Terry, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Program siaran DJ Sore dibuat berdasarkan keinginan para crew di radio Gen 98.7 FM untuk membuat program siaran yang dapat menemani para pendengarnya baik saat beraktifitas saat sore hari atau ketika sedang dalam perjalanan pulang. Hal tersebut mendorong para pengelola program siaran DJ Sore membuat konsep dan fitur-fitur menarik yang nantinya akan ada di program siaran DJ Sore.

Copyrights © 2020