Pemberdayaan guru melalui media Video Pembelajaran yang merangkum : materi ajar dalam tema tertentu, LKS, Soal tugas, dan media gambar dari buku teks, serta memanfaatkan Group WA untuk mengirim video. Selain itu, Guru mengajar dalam bentuk tim, dengan kegiatan PLAN yaitu menyusun bersama rencana pembelajaran, DO melakukan bersama di kelas dari apa yang telah direncanakan, dan SEE merefleksikan bersama dari hasil pelakasanaan di kelas. Kegiatan ini di SDK Sta. Maria Assumpta Kupang Nusa Tenggara Timur. Selanjutnya hasil kegiatan ini dianalisis untu melihat ada pengaruh atau tidak terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan data analisis dapat dijelaskan bahwa secara korelasi diperoleh angka R sebesar 0.962 dan R2 sebesar 95.6 %, Maka terjadi hubungan yang sangat kuat antara kemampuan guru dan LSLC terhadap hasil belajar siswa. Uji F diperoleh data yaitu F hitung > F tabel (153.219 > 3,88), maka ada pengaruh secara signifikan antara Kemampuan guru dan keterlaksanaan LSLC terhadap hasil belajar siswa. Uji t pada variabel X1 dan X2 dengan nilai t hitung > t tabel (8.679 > 2,178) maka secara parsial ada pengaruh signifikan antara kemampuan guru dan keterlaksanaan LSLC terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, kemampuan guru dan keterlaksanaan LSLC secara bersama-sama berpengaruh terhadap terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2020