Jurnal Mirai Management
Vol 5, No 3 (2020)

BAURAN PEMASARAN 7P DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA INDUSTRI RETAIL GIANT EKSPRES MAKASSAR

Giri Dwinanda (STIE Nobel Indonesia)
Yuswari Nur (STIE NOBEL INDONESIA)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran 7P dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada industri retail Giant Ekspres Makassar. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode analisis Structural Equation Model (SEM) menggunakan SmartPLS 3.0. Responden berjumlah 135 orang yang diperoleh dari hasil perhitungan rule of thumb, yaitu 5 kali jumlah indikator penelitian (27 indikator). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran 7P memiliki pengaruh sebesar 0.496 terhadap keputusan pembelian, dengan sisa 50.4% dipengaruhi oleh variabel diluar variabel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian inner model diketahui variabel price yang memberikan pengaruh yang paling besar terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji hipotesis, hanya variabel price yang diterima berdasarkan perbandingan nilai thitung>ttabel (3.428>1.978) dan nilai signifikansi (P value) 0.001

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...