Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental designs yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN 008 Camba-camba Kabupaten Polewali Mandar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model model pembelajaran problem based learning dan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 008 Camba-camba Kabupaten Polewali Mandar dengan jumlah peserta didik 29 orang, seangkan sampelnya adalah seluruh jumlah populasi yang berjumlah 29 orang peserta didik. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar matematika berupa pretest dan posttest. Data tersebut dianalisis dengan dua macam teknik analisis statistik, yaitu analisis deskriptif dan analisis infrensial dengan menggunakan program SPSS windows versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran di kelas peserta didik terlihat aktif, kreatif, terfokus dan bersemangat dalam belajar. Hasil tes pretes dan posttes menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar pretest yaitu 38,60 berada pada rentang kategori rendah, sedangkan pada rata-rata hasil belajar posttest yaitu 71,60 pada rentang kategori tinggi. Hasil analisis inferensial yaitu menggunakan uji-t paired sample test diperoleh data Sig. < ? = 0.05 (0.00 < ? = 0.05) artinya H0 Ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN 008 Camba-camba Kabupaten Polewali Mandar.
Copyrights © 2021