cover
Contact Name
Anirwan
Contact Email
jurnalintelekmadani@gmail.com
Phone
+6285218159999
Journal Mail Official
ijipublication1@gmail.com
Editorial Address
Jl. Malengkeri, Kompleks Gerhana Alauddin, Blok D No. 18 Mangasa Tamalate Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Indonesian Journal of Intellectual Publication (IJI Publication)
IJI Publication is a scientific journal published by Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia with the following focus: Social and Political Sciences with a scope includes: Culture & Social Anthropology, Political Science, Cultural & Media Studies, Gender Studies, Population, Social Development, Rural Sociology, Policy Studies, Development Studies, Government Studies, Development Economics, Resource Economics, Public Finance , Innovation Management, Organizational Management, Human Resource Management, Management Information Systems, Business Administration, Management & Entrepreneurship, Public Relations, Development Communication, Communication Management, Media & Communication, Environmental Management, Environmental & Urban Studies, Agrarian & Land Law, Law Business, International Law, Health Law, Public Law, Public Policy, Social Welfare, Transportation. Humanities Education and Sciences with the scope includes: History, Linguistics, Indonesian Linguistics, Indonesian Language & Culture, Literature, Literary & Cultural Studies, Comparative Literature Studies, Education. Information Technology with the scope includes: Artificial Intelligence, Software Engineering, Cloud Computing, Big Data, Information Systems, Information Systems & Technology, Information Technology.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 66 Documents
Pengaruh Perpustakaan Lorong Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Parang Tambung Kota Makassar Rahman Rumaday; Anirwan Anirwan
Indonesian Journal of Intellectual Publication Vol. 1 No. 1 (2020): Nopember 2020, IJI Publication
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51577/ijipublication.v1i1.33

Abstract

Perpustakaan merupakan sebuah pusat informasi bagi masyarakat untuk menghimpun berbagai sumber informasi, mengelola, serta melestarikan dan menyebarluaskan informasi bagi seluruh masyarakat yang mempunyai peranan penting dalam proses memperluas wawasan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pengadaan perpustakaan berbasis masyarakat merupakan faktor penting untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat. Salah satu penyebab rendahnya kualitas pengetahuan masyarakat adalah kurangnya perpustakaan berbasis masyarakat yang dapat mendorong kegemaran masyarakat membaca dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini berdampak negatif terhadap kemampuan masyarakat dalam mengembangkan dirinya untuk menambah ilmu melalui kegiatan membaca secara mandiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perpustakaan Lorong Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Lorong di Kelurahan Parang Tambung Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Random Samping. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan SPSS dengan teknik analisis data dilakukan melalui Uji Asumsi Klasik dan Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan perpustakaan lorong berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemberdayaan masyarakat lorong 7 Jalan Dg. Tata 3, Kelurahan Parang Tambung Kecamatan Tamalate Kota Makassar dengan nilai koefesien 0,419 dan probabilitas (Sig.) 0,025. Maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dan apabila fasilitas perpustakaan meningkat sebesar 1% maka akan terjadi peningkatan pemberdayaan masyarakat sebesar 0,419 karena perpustakaan lorong memiliki proporsi pengaruh terhadap pemberdayaan masyarakat lorong sebesar 29,5% sedangkan sisanya 70,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Olehnya itu, direkomendasikan agar pemerintah memberi dukungan kepada pengelola perpustakaan lorong dengan meningkatkan fasilitas perpustakaan.
Implementasi Kebijakan Perlindungan Konsumen Segmen Obat dan Makanan di Kota Makassar Andi Jusriadi; Muhammad Zulqifli; A.M.Azhar Aljurida
Indonesian Journal of Intellectual Publication Vol. 1 No. 1 (2020): Nopember 2020, IJI Publication
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51577/ijipublication.v1i1.34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Implementasi Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen khusus segmen konsumen obat dan makanan di Kota Makassar dengan menggunakan teori Edward III (1980). Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengungkap dan menyajikan kembali situasi dan keadaan yang sebenarnya mengenai peran pemerintah dalam mengimplementasikan kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek komunikasi Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan memberikan edukasi dan pemahaman akan pentingnya pengetahuan konsumen mengenai hak-haknya, dari Aspek sumber daya belum mampu menunjang implementasi disebabkan kuantitas pegawai yang terbatas. Namun jangkauan kerja sangat luas, dari Aspek Disposis/Sikap Implementor. Dinas perindustrian dan Perdagangan Kota Makassar menerapkan konsep reward sebagai motivasi bagi pegawai jika memiliki kinerja baik dalam memberi perlindungan pada konsumen, aspek struktur birokrasi, Pemerintah Kota Makassar melibatkan beberapa stakeholder lintas instutusi yang memiliki kesamaan tujuan untuk bersama-bersama melaksanakan kegiatan perlindungan konsumen.
Penerapan Metode Certainty Factor dan Forward Chaining pada Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Ginjal Jeffry Jeffry; Syahrul Usman
Indonesian Journal of Intellectual Publication Vol. 1 No. 1 (2020): Nopember 2020, IJI Publication
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51577/ijipublication.v1i1.35

Abstract

Ilmu komputer yang mempelajari kemampuan komputer untuk bertindak dan memiliki kecerdasan seperti manusia dikenal sebagai kecerdasan buatan, yang termasuk dalam kecerdasan buatan antara lain: penglihatan komputer, pengolahan bahasa alami, robotika, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar (expert system). Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu sistem pakar yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit ginjal, dimana pengguna bisa mendiagnosis sendiri (skrining mandiri) berdasarkan gejala yang dirasakannya. Pengetahuan pada sistem direpresentasikan dalam bentuk aturan dan metode penalaran yang digunakan adalah metode runut maju (forward chaining) sedangkan nilai kepastian terhadap penyakit menggunakan metode certainty factor yaitu diperoleh dari kombinasi nilai dari user dan pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini mampu mendiagnosa kemungkinan jenis penyakit ginjal yang diderita oleh user dengan menampilkan besaran kepercayaan dari tiap-tiap penyakit. Dari hasil percobaan diperoleh bahwa nilai certainty factor pada Nefritis tubulointerstisial sebesar 0,7502, untuk Sistitis Interstisial sebesar 0,7308, Kanker Kandung Kemih sebesar 0,6429. Sehingga nilai CF terbesar merupakan keputusan dari sistem pakar ini. Besarnya nilai kepercayaan tersebut merupakan hasil perhitungan dengan menggunakan metode certainty factor.
Analisis Tindak Tutur Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar Rosary Iriany
Indonesian Journal of Intellectual Publication Vol. 1 No. 1 (2020): Nopember 2020, IJI Publication
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51577/ijipublication.v1i1.36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tindak tutur kata lokusi, ilokusi, perlokusi dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan menggunakan pendekatan Stilistika. Penelitian ini tergolong dalam penenlitian kualitatif karena sesuai dengan objek dan tujuan yang ingin dicapai. Objek yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah tindak tutur kata dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik baca, teknik simak, dan catat. Berdasarkan hasil penelitian dapat menyimpulkan bahwa tindak tutur lokusi paling mendominasi yaitu tindak tutur yang menyatakan sesuatu dalam kata. Kemudian, tindak tutur perlokusi yang gaya kepekaan batinnya (intunisi) menonjol. Selanjutnya, tindak tutur ilokusi yang merupakan tindak tutur yang biasanya diidentifikasikan kalimat performatif yang eksplisit. Tindak tutur ilokusi ini biasanya berkenaan dengan pemberian izin, mengucapkan terima kasih, menyuruh, dan menawarkan. Hal tersebut sangat relevan dengan kajian stilistika dan novel Surat Kecil untuk Tuhan karena dalam novel tersebut menceritakan tentang kisah seorang gadis yang terserang penyakit kanker. Gadis tersebut memiliki sifat yang tegas, kuat, tegar, dan penyabar. Juga menceritakan tentang pengorbanan seorang kakak untuk adiknya. Tentu saja dengan menggunakan kajian stilistika kita dapat mengetahui kepribadian dan hal-hal apa saja yang dialami dan dirasakan oleh tokoh Keke dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan. Karya sastra merupakan bagian dari kehidupan manusia. Salah satu karya sastra yang berisi kisah hidup seorang penyair itu sendiri adalah novel yang berjudul Surat Kecil untuk Tuhan. Novel ini merupakan novel inspiratif karena memberikan gambaran kepada pembaca dalam memperjuangkan sebuah impian, kasih sayang keluarga, pengorbanan, kuat, tegar, dan pekerja keras.
Analisis Paradigma Pembangunan di Indonesia Renny Puteri Harapan Rani
Indonesian Journal of Intellectual Publication Vol. 1 No. 1 (2020): Nopember 2020, IJI Publication
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51577/ijipublication.v1i1.37

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis paradigma pembangunan di Indonesia dan paradigm yang tepat untuk pembangunan Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis yang digunakan adalah Analisa Diskursus Kritis (Critical Discourse Analysis) yang mengasumsikan bahwa semua objek dan tindakan adalah penuh makna secara khusus, dan setiap diskursus menunjukkan konstruksi sosial dan politik pada obyek yang diamati. Langkah peran peneliti adalah menyajikan permasalahan, mengumpulkan data historis, mengekstrak kumpulan makna untuk disajikan kembali dalam bentuk analisis hasil kajian pustaka/konseptual. Hasil kajian mengambarkan bahwa paradigma pembangunan yang diterapkan di Indonesia dari masa orde, orde baru, hingga orde reformasi belum mampu menghantarkan bangsa Indonesia menjadi Negara atau bangsa yang berdaulat atas masyarakatnya. Di era yang serba terbuka ini, masyarakat semakin kritis terhadap kebijakan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah maka paradigma yang dianggap tepat untuk pembangunan Indonesia adalah Pembangunan Berkelanjutan (Sustanaible Development). Konsep ini mengandung tiga aspek pemahaman, yakni 1) keberlanjutan lingkungan, 2) keberlanjutan ekonomi, 3) keberlanjutan sosial dengan indikator pembangunan berkelanjutan adalah: 1) Melestarikan sistem-sistem pendukung kehidupan dan keanekaragaman hayati, 2) Menjamin keberlanjutan penggunaan sumberdaya yang dapat diperbarui dan meminimkan penipisan sumberdaya yang tak dapat diperbarui, 3) Berusaha tidak melampaui daya dukung ekosistem.
Penerapan Media Video Bencana Alam Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Lama (Syair) Nurjayanti Kaharuddin; Isnani Arianti
Indonesian Journal of Intellectual Publication Vol. 1 No. 1 (2020): Nopember 2020, IJI Publication
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51577/ijipublication.v1i1.38

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian digolongkan ke dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan mengamati proses belajar siswa dengan menggunakan media video bencana alam. Tahap pertama menyusun rancangan tindakan, tahap kedua pelaksanaan tindakan, tahap ketiga pengamatan, dan terakhir tahap refleksi. Hasil penelitian penanganan dalam masalah pembelajaran di kelas dengan penggunaan media video bencana alam menjadi solusi yang preventif, dalam hal ini kesulitan siswa menuangkan ide atau gagasannya dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis puisi lama (syair). Hal ini terlihat dari hasil pencapaian skor rata-rata siswa yang mengalami peningkatan, yaitu dari skor 66,52% menjadi 82,17%. Peneliti menyampaikan saran sebagai berikut: (1) Guru diharapkan untuk senantiasa membimbing dan memotivasi siswa dalam pencapaian hasil belajar yang lebih baik. (2) Diharapkan kepada guru untuk menggunakan strategi pembelajaran puisi lama (syair) dengan menggunakan media video bencana alam sebagai variasi dalam mengajarkan materi menulis puisi lama (syair).
Eksplorasi Literasi Pasar Modal di Kalangan Perempuan: (Studi Kasus Literasi Pasar Modal Pada Mahasiswa Perempuan di Jakarta Utara) Eliza Christabella Phuanerys; Grant Nixon; Erika Natahsya
Indonesian Journal of Intellectual Publication Vol. 1 No. 2 (2021): Maret 2021, IJI Publication
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51577/ijipublication.v1i2.55

Abstract

Indeks literasi pasar modal di Indonesia baru mencapai 4.4%, jauh lebih rendah dibandingkan industri keuangan lainnya. Hasil survei juga menunjukkan bahwa berdasarkan gender, indeks literasi keuangan laki-laki sebesar 39,94% relatif lebih tinggi dibandingkan perempuan sebesar 36,13%. Jika data OJK masih menunjukkan bahwa tingkat literasi pasar modal perempuan berada di bawah laki-laki, hal ini perlu dikritisi dalam perspektif gender. Sehingga, perlu diadakan suatu analisis mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya tingkat literasi pasar modal Indonesia? Faktor-faktor yang dimaksud dilihat bersamaan dengan indikator kesetaraan dan keadilan gender, yakni: akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat pasar modal pada perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan, rendahnya tingkat literasi pasar modal pada perempuan diakibatkan oleh faktor akses yang mengakibatkan rendahnya pengetahuan pasar modal. Rendahnya pengetahuan pasar modal disebabkan karena kesulitan untuk membedakan produk investasi pasar modal yang resmi dan bodong, sulitnya akses internet, adanya keraguan dalam memilih media belajar yang kredibel, kurangnya sosialisasi secara resmi dari sekolah dan atau lembaga resmi pasar modal, kurang tertariknya informan terhadap produk investasi pasar modal dan misinformasi. Selain akses, faktor kontrol menunjukkan bahwa partisipasi kalangan perempuan pada pasar modal sangat dipengaruhi oleh relasi kuasa tertentu. Pada faktor partisipasi, kalangan perempuan tidak berpartisipasi di pasar modal karena merasa ragu untuk berpartisipasi dalam investasi di pasar modal. Pada faktor manfaat, kalangan perempuan belum merasakan manfaat atas investasi di pasar modal.
Analisis yang Mempengaruhi Niat Bertransaksi Online di E-Commerce Shopee di Kota Denpasar Provinsi Bali I Nyoman Wahyu Widiana
Indonesian Journal of Intellectual Publication Vol. 1 No. 2 (2021): Maret 2021, IJI Publication
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51577/ijipublication.v1i2.56

Abstract

Perubahan pola perilaku dan kebutuhan konsumen mengikuti perkembangan teknologi dan arus informasi menjadikan lebih bertingkah laku praktis. Konsumen membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam pemenuhan kebutuhan. E-commerce adalah jawaban atas kecepatan dan ketepatan pemenuhan kebutuhan konsumen yang menawarkan keunggulan kompetitifnya yakni lebih hemat waktu, dan praktis.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh keamanan, kepercayaan, dan privasi terhadap niat bertransaksi secara online di e-commerce Shopee secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Penarikan sampel penelitian menggunakan accidental sampling, dengan sampel penelitian sebanyak 110 responden yang merupakan konsumen pengguna E-commerce Shopee di Kota Denpasar Provinsi Bali. Hasil penelitian diolah dengan menggunakan SPSS kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linier berganda  uji F (simultan), disimpulkan bahwa variabel keamanan, kepercayaan, dan privasi memiliki pengaruh terhadap variabel niat bertransaksi online di e-commerce Shopee di Kota Denpasar Provinsi Bali, hasil analisis uji t disimpulkan bahwa variabel keamanan, kepercayaan, dan privasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel niat bertransaksi secara online di e-commerce Shopee di Kota Denpasar Provinsi Bali. Artinya, semakin tinggi tingkat keamanan, kepercayaan, privasi yang dilakukan oleh e-commerce Shopee maka semakin tinggi niat bertransaksi online di e-commerce Shopee, dan sebaliknya semakin rendah tingkat keamanan, kepercayaan, privasi yang dilakukan oleh e-commerce Shopee maka semakin rendah pula niat bertransaksi online di e-commerce Shopee. Oleh karena itu untuk meningkatkan niat bertransaksi online di e-commerce Shopee, maka pihak perusahaan memperhatikan faktor-faktor keamanan, kepercayaan, dan privasi dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi e-commerce.
Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa SD Melalui Model Pembelajaran Debate di Kota Makassar Sukma Wati; Satriawati Satriawati; Muh. Khaedar
Indonesian Journal of Intellectual Publication Vol. 1 No. 2 (2021): Maret 2021, IJI Publication
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51577/ijipublication.v1i2.58

Abstract

Pendidikan dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak peserta didik dengan mengacu pada kurikulum yang ditetapkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan para guru untuk meningkatkan kemampuan siswa yaitu model pembelajaran Debate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran debate untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Pendekatan yang di gunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Bangkala III sebanyak 27 orang siswa. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil lembar observasi belajar siswa kelas V SD Inpres Bangkala III pada siklus I nilai ketuntasan 56,26% berada pada kategori sangat kurang dan mengalami peningkatan pada siklus II nilai ketuntasan 89 % berada pada kategori baik sehingga dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model  pembelajaran  debate dapat meningkat hasil belajar siswa kelas V SD Bangkala III pada mata pelajaran IPA.
Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Mengikuti Pembelajaran Fisika Secara Daring Saat Pandemi Covid-19 Rita Fitriani
Indonesian Journal of Intellectual Publication Vol. 1 No. 2 (2021): Maret 2021, IJI Publication
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51577/ijipublication.v1i2.63

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan sistem pendidikan harus beradaptasi dengan kondisi pandemi tersebut. Pembelajaran yang sebelumnya tatap muka diubah menjadi pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring bisa dilaksanakan melalui berbagai platform seperti Zoom, Googleclassroom, WhatsApp, Googleform, dan sebagainya. Perubahan dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring ini terjadi secara tiba-tiba akibat pandemi Covid-19. Oleh sebab itu perlu adanya kesiapan dari mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran secara daring, khususnya pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan informasi kesiapan mahasiswa calon guru mengikuti pembelajaran fisika secara daring saat pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa prodi pendidikan kimia FKIP UMRAH yang mengambil mata kuliah Fisika Umum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner melalui googleform. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa telah siap melaksanakan pembelajaran fisika secara daring saat pandemi Covid-19 ini. Hal ini ditinjau dari kesiapan lokasi pembelajaran daring, motivasi, sumber belajar, infrastruktur, literasi teknologi, kualitas interaksi akademik secara online, manfaat, faktor pendukung pembelajaran daring.