Indonesian Journal of Intellectual Publication (IJI Publication)
Vol. 1 No. 3 (2021): Juli, 2021, IJI Publication

Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VI pada Materi Gaya dan Gerak di SDI Habiratin

Fransiska Blupur (SDI Habiratin, Desa Talibura, Kec. Talibura Kab. Sikka NTT, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI khususnya pada materi gaya dan gerak di SDI Habiratin. Beberapa hal yang dapat dilakukan guru agar pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi peserta didik, antara lain: memiliki metode strategi dan model pembelajaran yang sesuai sehingga dapat menemukan yang sesuai bagi dirinya. Apabila guru telah menemukan model strategi, metode yang tepat dan sesuai bagi dirinya dan anak didik maka suasana pembelajaran menjadi lebih kreatif, dinamis, tidak monoton dan menyenangkan, sehingga dapat memberikan rasa puas bagi anak didik. Dampak selanjutnya adalah pemahaman terhadap konsep-konsep IPA yang dipelajari anak didik menjadi lebih bermakna, lebih kuat dan berdaya guna, sehingga hasil belajar anak didik menjadi lebih baik. Salah satu model pembelajaran yang dapat dilakukan guru adalah metode demonstrasi. Subjek dalam penelitian siswa kelas VI SDI Habiratin semester I tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 12 siswa. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. hasil belajar siswa yang tergolong dalam kategori tuntas pada tes pendahuluan  hanya 46,87% (5 Siswa), siklus I sebesar 75,00% (7 Siswa) sedangkan pada siklus II mencapai 96,87% (10 Siswa), dengan demikian kategori hasil belajar siswa yang tergolong tuntas mengalami peningkatan sebesar 21,87%. Hasil belajar siswa yang tergolong dalam kategori tidak tuntas pada siklus I sebesar 25,00% (3 Siswa) sedangkan pada siklus II  sebesar 3,13% (0 Siswa) dengan demikian kategori hasil belajar siswa yang tergolong tidak tuntas mengalami penurunanan sebesar 21,87%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi Gaya dan Gerak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDI Habiratin.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijipublication

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

IJI Publication is a scientific journal published by Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia with the following focus: Social and Political Sciences with a scope includes: Culture & Social Anthropology, Political Science, Cultural & Media Studies, Gender Studies, Population, ...