Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies
Vol 5 No 1 (2021): Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies

Pengembangan Kompetensi PAI Berbasis Nilai Multikulturan dan Kearifan Lokal di Perguruan Tinggi Indonesia

Izzatul Mardhiah (Universitas Negeri Jakarta)
Andy Hadiyanto (Universitas Negeri Jakarta)
Amaliyah Amaliyah (Universitas Negeri Jakarta)
Ahmad Hakam (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan kompetensi dari nilai-nilai multikultural dan kearifan lokal masyarakat Indonesia ke dalam mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi. Metode penelitian adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, lembar observasi, studi dokumentasi, dan focus group discussion. Subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa peserta pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menemukan dua komponen utama pengembangan kompetensi pendidikan agama islam (PAI) di perguruan tinggi yaitu kompetensi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang bertumpu pada nilai-nilai multikultural dan kearifan lokal, serta indikator dan instrumen penilaian sikap. Kontribusi penelitian ini adalah revitalisasi kurikulum pada hasil pembelajaran PAI ranah afektif serta membudayakan nilai-nilai multikultural dan kearifan lokal melalui pembelajaran PAI di Perguruan Tinggi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hayula

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies published two times a year since 2017, is a multilingual (Bahasa, English, and Arabic), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic studies. The aim is to provide readers with a better understanding of Islamic Studies and present ...