J-IKA : Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung
Vol 8, No 1 (2021): April 2021

EKSPRESI BAHASA INGGRIS YANG DIGUNAKAN SAAT BERKOMUNIKASI MELAYANI KELUHAN KONSUMEN DI BANK BTPN INDONESIA

Yanti Rosalinah (Universitas Bina Sarana Informatika)
Ibnu Subroto (Universitas Bina Sarana Informatika)
Retno Rahayuningsih (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2021

Abstract

Abstrak_Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara memahami dan menangani keluhan pelanggan di Bank BTPN Indonesia. Penelitian ini dilakukan di Departemen Pelayanan Bank BTPN Indonesia. Data tersebut diambil melalui pengamatan langsung, wawancara dengan staf layanan pelanggan, data dari penelitian perpustakaan dan pelatihan kerja di Bank BTPN Indonesia Departemen Pelayanan. Kegiatan ini ada beberapa hal, yaitu: bagaimana memahami dan menangani keluhan pelanggan di PT Danafix Online Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) staf layanan pelanggan dapat memahami keluhan pelanggan dengan respon cepat melalui ekspresi pelanggan, (2) staf layanan pelanggan lebih mudah menangani keluhan pelanggan dengan menggunakan ekspresi. Ekspresi Bahasa Inggris dapat digunakan untuk memahami pelanggan dalam bidang pelayanan. Menggunakan English Expression terhadap lawan bicara untuk memahami apa yang disampaikan atau yang dipermasalahkan maka akan mudah dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jika

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA) Terbit pertama kali pada 2014. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian Bahasa dan ...