Kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada SDIT Islamicity Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (2) untuk mengetahui strategi dalam memimpin yang dilakukan oleh pimpinan sekolah dalam mengembangkan pendidikan budaya karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (3) Untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah menilai dan mengendalikan prilaku warga sekolah, (4) untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (5) Untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, pedagogis dan psikologis. Lokasi penelitian ini adalah di SD IT Islamicty Tangerang. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah ada dua sumber data, data primer yaitu kepala sekolah, guru, dan pesertadidik sedangkan data sekunder adalah dokumen RPP yang terkait dengan objek yang diteliti. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data selanjutnya di analisis secara kualitatif dengan menggunakan triangulasi untuk memastikan validasi data terhadap focus yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi pada kegiatan proses pembelajaran adalah jujur, disiplin, tertib, peduli, dan tanggung jawab. Sedangkan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler dilakukan melalui kegiatan futsal, Taekwondo, Panahan, Pramuka dengan cara memberikan motivasi, pemahaman, nasihat, sangsi, keteladanan dan hadiah kepada peserta didik. Sebagai implikasinya, SDIT Islamicity Tangerang lebih meningkatkan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter baik pada proses pembelajaran atau kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler agar dapat menciptakan generasi yang berkarakter yang berintegritas moral yang tinggi. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pendidikan Karakter
Copyrights © 2020