JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING
Vol 4, No 2 (2020): EDISI NOVEMBER

Perencanaan Integrated Territory Manage Service Access Dengan Metode Time And Territory Management (Studi Kasus Unit Bisnis Gubeng PT. TLKM)

Yulianti Murprayana (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Suparno Suparno (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemampuan kerja SDM (teknisi lapangan) pada unit bisnis Gubeng PT. TLKM, menghitung beban kerja wilayah pada unit bisnis Gubeng PT. TLKM, dan merancang Integrated Territory Manage Service Access berdasarkan metode Time And Territory Management  pada unit bisnis Gubeng PT. TLKM.   Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian deskriptif dimana pada tahap awal dilakukan studi literatur. Hasil pada penelitian ini adalah (1) Work Load Analysis (WLA) provisioning (pasang baru) adalah 6,471 kunjungan dan untuk pekerjaan assurance (gangguan) adalah 15,174 kunjungan, (2) dari hasil perhitungan diketahui nilai Account Analysis (AA) jumlah kunjungan pekerjaan provisioning (pasang baru) adalah 3,893 kunjungan dan sedangkan untuk pekerjaan assurance (gangguan) adalah 20,341 kunjungan, (3) dari hasil perbandingan antara account analysis dan workload analysis untuk pekerjaan provisioning (pasang baru) sebesar 0.60. Sedangkan pekerjaan assurance (gangguan) yaitu sebesar 1.34. dan (4) dengan melakukan pergeseran teknisi provisioning (pasang baru)  menjadi 7 tim dan 12 orang teknisi assurance (gangguan) untuk meng-cover unit bisnis Gubeng, diharapkan tidak ada lagi pekerjaan yang overload dan underload. Sehingga dapat memberikan pelayanan maksimal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jime

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering

Description

JIME (Journal of Industrial and Manufacturing Engineering) is a journal of scientific work in the Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Medan Area University which presents research results in the fields of Manufacturing, Ergonomics, and Industrial Management. The accepted ...