Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat
Vol. 11 No. 1: JUNI 2021

Faktor yang Berhubungan dengan Kemampuan dan Kemauan Membayar Iuran BPJS Peserta Mandiri di Kelurahan Sanua Kecamatan Kendari Barat

Sudarman Sudarman (Departement Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Andi Surahman Batara (Departement Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Haeruddin Haeruddin (Departement Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisi kemampuan membayar (Ability To Pay) dan kemauan membayar (Willingness To Pay) iuran BPJS Kesehatan pada Peserta Mandiri di Kecamatan kendari barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang digunakan untuk menghasilkan suatu gambaran mengenai kemampuan membayar Iuran BPJS Kesehatan Peserta Mandiri di Kelurahan Sanua Kecamatan Kendari Barat. Berdasarkan hasil analisis uji statistic chi-Square diperoleh nilai  x2hitung = 81,830 dan x2tabel = 3,841, ada hubungan antara pendapatan dengan kemampuan  membayar iuran BPJS di kelurahan sanua kecamatan kendari barat Tahun 2020. Chi-Square diperoleh nilai  x2hitung = 88,726 dan x2tabel = 3,841. Ada hubungan antara jumlah anggota keluarga dengan kemampuan  membayar iuran BPJS di kelurahan sanua kecamatan kendari barat Tahun 2020. chi-Square diperoleh nilai  x2hitung = 67,306 dan x2tabel = 3,841. Ada hubungan antara presepsi terhadap tempat pelayanan dengan kemampuan  membayar iuran BPJS di kelurahan sanua kecamatan kendari barat tahun 2020. Hasil uji Statistika chi-Square diperoleh nilai  x2hitung = 37,646 dan x2tabel = 3,841. Ada hubungan antara riwayat penyakit katastropik dengan kemampuan  membayar iuran BPJS di kelurahan sanua kecamatan kendari barat tahun 2020. Disarankan kepada instansi diharapkan untuk selalu memberikan informasi kepada masyarakat terkakit kemampuan dan kemauan untuk selalu patuh terhadap iuran BPJS.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PJKM

Publisher

Subject

Public Health

Description

Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat periodic scientific journal that is published by Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu. with ISSN Number: 2503-1139 (Online ) || 2089-0346 (Print). This journal accepts scientific papers in the form of research articles and review articles ...