Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman
Vol 15 No 1: Januari 2020

Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dalam Membangun Nilai-Nilai Kejujuran pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah Lakea

Hardiansyah Hardiansyah (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia)
Colle M Said (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia)
Normawati Normawati (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Skripsi ini membahas tentangUpaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dalam Membangun Nilai-nilai kejujuran pada peserta didik SMP Muhammadiyah Lakea. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa: upaya meningkatkan kecerdasan spiritual dalam membangun nilai-nilai kejujuran pada peserta didik SMP Muhammadiyah Lakea, yaitu: (a) pihak sekolah melakukan perencanaan program peningkatan kecerdasan spiritual siswa dalam membangun nilai-nilai kejujuran (b) melaksanakan program peningkatan kecerdasan spiritual siswa dalam membangun nilai-nilai kejujuran ke dalam proses pembelajaran (c) melaksanakan program peningkatan kecerdasan spiritual siswa dalam membangun nilai-nilai kejujuran pada kegiatan ektrakurikuler dan (d) mengevaluasi program peningkatan kecerdasan spiritual siswa dalam membangun nilai-nilai kejujuran dalam roses pembelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler. Adapun Implikasi upaya meningkatkan kecerdasan spiritual dalam membangun nilai-nilai kejujuran pada peserta didik SMP Muhammadiyah Lakea, yaitu: (a) program peningkatan kecerdasan spiritual siswa dalam membangun nilai-nilai kejujuran menjadi program unggulan di SMP Muhammadiyah Lakea (b) membuat suasana pendidikan menjadi lebih religius (3) siswa giat mengikuti program ektrakurikuler keagamaan (4) siswa mulai membudayakan nilai-nilai kejujuran (5) siswa aktif dalam penyelenggaraan ibadah shalat dan kultum.

Copyrights © 2020